Kemangi dan Manfaatnya untuk Tubuh

17 Jun

 

Image

 

Endar Diah Mayangsari

Mungkin kita pasti sudah mengetahui apa itu daun kemangi. Daun yang biasa di sajikan pada makanan pecel sebagai pendamping lalapan seperti gambar di atas. Namun, perlu kita ketahui di balik kebutuhan daun kemangi yang biasa di sajikan untuk pendamping lalapan, ternyata memiliki nilai Gizi dan manfaat yang berguna untuk tubuh kita. Apakah setelah kita mengetahui manfaat daun ini, Masihkah kita hanya menjadikan daun kemangi sebagai pendamping untuk lalapan yang tidak berguna? Dan masih tidak memperdulikan manfaatnya. Atau kita malah berfikir akan menjadikan tumbuhan ini sebagai daun yang penting untuk di konsumsi. Di dalam daun kemangi juga terdapat gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Sehingga daun kemangi baik untuk dikonsumsi.

Kandungan gizi

Di dalam kemangi terdapat kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kemangi merupakan daun yang memiliki kandungan betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon (urat otot). Daun kemangi kaya akan mineral makro, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim.

 

Daun kemangi Dalam bahasa Latin, kemangi disebut Ocimum basilicum. Basil dari bahasa Inggris, ocimum berarti tumbuhan beraroma. Aroma harum daun kemangi berasal dari kandungan minyak atsirinya.

Tanaman kemangi dapat tumbuh di sembarang tempat dan toleran terhadap cuaca panas maupun dingin. Kemangi yang ditanam di daerah dingin daunnya lebih lebar dan lebih hijau, sedangkan kemangi di daerah panas daunnya kecil, tipis, dan berwarna hijau pucat.

http://health.kompas.com/read/2011/09/28/10560749/Memetik.Manfaat.Daun.Kemangi.html (akses 6 Juni 2014).

Berikut manfaat daun kemangi untuk tubuh kita :

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama dari daun kemangi ialah sebagai tumbuhan yang mampu membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Mengobati Panu

Panu merupakan sakah satu jenis penyakit kulit yang membuat kulit menjadi tidak sehat atau menjadi kering. Panu atau penyakit kulit yang memiliki warna putih pada kulit tubuh kita, hal ini di sebabkan oleh adanya bakteri dan jamur. Biasanya panu itu di sebabkan kurangnya tingkat kebersihan lingkungan yang kita terapkan, seperti kita jarang mandi, atau merabat tubuh. Kemangi ini memiliki manfaat juga sebagai pengobat untuk penderita panu. Dengan cara yang cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan penyakit pada bibir maupun lidah. Hal ini biasa di sebabkan kurangnya vitamin C yang kita konsumsi. Kemangi juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit inim dengan caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal3kalidalamsehari..

Menghilangkan bau mulut dan badan

Bau mulut dan bau badan yang berkelanjutan membuat seseorang tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari apalagi seseorang yang memiliki pekerjaan yang harus menuntut dia untuk aktif berbicara. Kemangi ini juga selain dapat mengobati penyakit-penyakit di atas, kemangi juga mampu mengobati/menghilangkan bau mulut dan bau badan, dengan cara mengkonsumsi daun kemangi ini sesering mungkin, agar kandungan yang terdapat pada daun kemangi ini bisa membantu mengobati bau mulut dan bau badan.

Penjelasan Manfaat – manfaat daun kemangi di atas akan menambah pengetahuan kita tentang kesehatan yang alami. Tanaman yang biasa di anggap tidak terlalu penting ternyata memiliki nilai gizi  dan manfaat yang baik untuk tubuh. Pengetahuan tambahan ini agar mampu membuat kita untuk lebih menjaga tanaman sekitar yang bisa membantu kita mendapatkan solusi untuk sehat yang alami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: