Sepupuku Calon Veteriner

21 May

Anindita Damayanti (10321066)

Dunia hewan merupakan salah satu hal yang disukainya, karena itulah yang menjadi salah satu motivasi untuk menjadi dokter hewan. Namanya Adekhantari Yuanda, biasa dipanggil Tari oleh keluarga dan teman-teman. Saat ini ia sedang menempuh pendidikan S1 Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Brawijaya, Malang. Keputusannya ini juga diamini oleh orangtua dan keluarganya. Menurutnya saat ini sudah banyak orang menjadi dokter hewan dan membuka klinik, karena itulah ia memutuskan untuk menjadi dokter hewan yang ada di alam liar. Walaupun hal tersebut banyak tantangannya tapi ia tetap akan mengikuti impiannya.
Banyak anggota keluarga maupun teman-teman yang menanyakan calon dokter hewan ini tentang kesehatan hewan peliharaan mereka. Tari juga dengan senang hati akan menjawabnya, hal ini sekaligus sebagai latihan baginya untuk menghadapi hewan lainnya. Perempuan kelahiran Yogyakarta ini juga suka memelihara binatang, sebelumnya ia sempat memelihara luwak. Ketika ditanya kenapa ia memelihara luwak, dengan santai Tari menjawab “kan kalau dikasih makan biji kopi bisa jadi kopi luwak, kalau bagus nanti buat ternak,” ujarnya sambil tertawa.
Tari besar dan tinggal di Pasuruan, Jawa Timur. Sesekali dalam setahun ia akan pulang ke Yogyakarta, atau saya yang mengunjunginya. Jika saya sedang main, dia akan mengajak ke tempat peternakan sapi tempat orangtuanya bekerja. Tari juga cukup sering membantu pekerjaan mereka. Memang menurut pakde dan bude, panggilan saya untuk orangtua Tari, mereka berusaha mengenalkan Tari pada hewan sejak kecil. Maka ketika sudah besar, Tari sedikitpun tidak takut memegang segala jenis hewan termasuk ular. Berbeda dengan saya, yang cukup melihatnya saja dari jauh. Tari bahkan tahu makanan apa yang harus diberikan pada ular dan bagaimana mengurusnya dengan benar.
Saat ini ia sedang berusaha mencari beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Tari sadar bahwa orangtuanya belum tentu mampu membiayai pendidikan lanjutannya untuk menjadi dokter secara resmi, karena itulah ia berusaha mencari beasiswa sendiri. Calon dokter hewan ini juga kerap terlibat dalam kegiatan sosial yang berhubungan dengan pendidikannya. Bahkan di waktu liburannya, calon dokter hewan ini memilih untuk bekerja magang di sebuah kebun binatang di daerah Surabaya. Menurutnya jika sering menghadapi hewan lama-lama ia akan terbiasa, apalagi pekerjaan ke depannya yang menuntut untuk dapat menghadapi segala jenis hewan.
Perempuan kelahiran Yogyakarta ini mempunyai hobi membaca buku, jalan-jalan dan menonton film. Buku jenis apapun akan dibacanya, tapi yang utama adalah novel. Novel yang disukainya adalah yang berjenis misteri dan romantis. Selain novel, ia juga suka komik, Detective Conan merupakan satu serial yang masih dikoleksinya hingga sekarang. Jika sudah membaca novel dan komik ia sering lupa waktu. Saya dan Tari juga cukup sering bertukar informasi novel yang bagus atau baru keluar, selain buku kami juga saling bertukar informasi mengenai film. Film yang baru rilis atau yang sudah lama rilis cukup sering kami bahas. Jarak sepertinya bukan masalah, karena kami juga sering bertukar film dengan mengirimkannya. Jika sedang bersama, kami memilih untuk menonton bersama.
Hobi lainnya yang sama dengan saya adalah jalan-jalan. Banyaknya tempat wisata di daerah Malang dan sekitarnya tidak akan dilupakan Tari, ia cukup sering berkunjung ke tempat wisata tersebut minimal seminggu sekali asal tidak mengganggu kuliahnya. Acara jalan-jalannya juga menurutnya cukup membantu dalam mengenali alam. Tari yang ingin menjadi dokter hewan di alam sangat memanfaatkan kesempatan ini, setiap kali ia sedang berjalan dan menemui hewan ia akan dengan mudah mengidentifikasi hewan tersebut. Ia bahkan tidak segan untuk memegangnya jika bisa.
Jika disuruh memilih, Tari lebih senang diajak jalan-jalan ke alam, seperti hutan atau pantai. Walaupun jarang ada teman sesama perempuan yang mau diajak jalan ke alam, ia tidak terkekang. Tari dapat pergi kemanapun dengan siapapun, walaupun jika harus pergi dengan laki-laki ia sudah cukup terbiasa. Karena hobi yang sama pula, kami sering merencanakan untuk pergi berlibur bersama.
Di kalangan teman-temannya, ia terkenal dengan sosok yang ceria dan ramah. Tari juga senang untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja yang ditemuinya, tak heran jika teman-temannya cukup banyak dan tidak hanya yang ada di sekitarnya saja. Bahkan ketika sedang berjalan-jalan dan menemui orang baru, ia tak akan segan untuk memulai pembicaraan dan bertukar nama serta informasi lainnya. Tari dapat membuat orang lain nyaman untuk berada di sekitarnya, ia juga kerap menjadi teman curhat bagi orang lain, tak terkecuali saya sendiri. Temannya pun bukan hanya dari kalangan kampus saja, bahkan dari kampus lain.
Perempuan kelahiran 21 tahun silam ini cukup bisa diandalkan oleh orang-orang di sekitarnya. Ia juga dengan senang hati membantu orang lain tanpa diminta. Sifat lainnya, ia sangat ekstrovert, dia tidak segan untuk menceritakan apa yang dialaminya kepada orang yang dipercayanya. Cukup sering kami saling bercerita satu sama lain mengenai apapun yang kami alami selama beberapa waktu. Dulu ketika masih SD kami sangat senang berkirim surat, semua kami ceritakan bahkan hal-hal yang tidak penting pun ikut kami tulis. Walaupun kami dekat, kami juga sering berkelahi memperebutkan apa saja.
Dalam akun media sosialnya, Tari memiliki banyak teman yang berasal dari kampus lain yang sama-sama berkuliah di jurusan kedokteran hewan. Menurutnya dengan banyak teman dari kampus lain, maka ia dapat bertukar informasi tentang perkuliahannya, cukup menguntungkan bukan? Banyak teman semakin banyak ilmu tentang kedokteran hewan pula yang didapatnya.
Dokter hewan bukanlah salah satu jurusan favorit, tak banyak yang berani menyentuh hewan bahkan merawat hewan. Tetapi kecintaan pada hewan yang membuat Tari ingin merawat hewan-hewan tersebut. Calon dokter hewan dan penyuka bintang K-Pop yang ramah ini berharap semua cita-citanya tercapai. Keluarga dan teman-temannya tetap berusaha mendukung semua keputusannya, sesekali mereka memberi masukan yang cukup membangun. Tari berusaha membuat orang lain nyaman jika sedang bersamanya. Orang yang cukup cerewet memang dan lucu, tetapi ia dapat menjadi orang yang serius dan diandalkan. Dia tumbuh besar dengan mandiri, dia juga tidak manja pada orangtuanya tetapi ia yakin bahwa orangtuanya selalu menyayangi dan mendukungnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: