Kartini Sebagai Penghormatan Untuk Kaum Wanita

21 May

Ade Pandu Narwastu

Image

Ketidaksetujuan saya tentang pelecehan dan bentuk kekerasan terhadap wanita beralasan untuk kepentingan umum yang bersangkutan dengan harga diri dan perilaku sosial untuk seluruh wanita di seluruh dunia. Wanita yang seharusnya dikasihi diberikan kasih sayang dan diberikan perhatian, jangan malah dilecehkan atau direndahkan harga dirinya sebagai manusia yang tidak punya harga diri atau manusia yang tidak punya norma kemanusiaan. Penghormatan diberikan untuk kepada seluruh wanita di dunia tanpa terkecuali dan khususnya adalah untuk seorang ibu.

Saya sangat setuju dengan adanya perayaan Hari Kartini, karena hal itu dapat membuat dan memberikan penghargaan terhadap seorang wanita. Di lain sisi pengorbanan yang dilakukan sosok seorang (Raden Ajeng) R.A Kartini dapat membentuk pribadi seorang wanita yang mandiri dan juga dapat memberikan semangat juang untuk maju. Menjadi seorang wanita yang tangguh dalam menghadapi perkembangan jaman yang kian maju tanpa mengurangi rasa hormat terhadap seorang laki-laki.

Sosok wanita yang menjadi dambaan kemuliaan dan kebaikannya dalam segala hal. Sisi yang memberikan kenyamanan terhadap orang-orang di sekelilingnya termasuk dalam keluarga kecil yang sejahtera. Tanpa pamrih dan dengan ketulusannya memberikan kasih sayang yang tak pernah henti kepada setiap orang yang di dekatnya. Pemberi semangat, pemberi motivasi. Dalam langkahnya selalu berdoa selalu memotivasi, selalu memberikan semangat yang tiada henti untuk memajukan keistimewaan seorang wanita.

Kartini yang dulu pernah hanya mengikuti seorang laki-laki karena kodrat seorang wanita yang hanya dapat mengasuh anak, mengerjakan pekerjaan rumah, dan tidak boleh menjadi wanita karir, atau wanita yang dapat mandiri untuk kehidupannya sendiri, sekarang dengan adanya emansipasi wanita yang mendidik wanita sehingga menjadi orang yang mandiri tanpa perlu menganut laki-laki di sampingnya dan tanpa mengurangi rasa hormat terhadap laki-laki.

Dulu wanita tidak boleh sekolah dan tidak boleh melebihi derajat seorang laki-laki. Karena adanya perbedaan strata sosial antara wanita dan laki-laki. Saya tidak setuju dengan hal tersebut karena wanita pun juga mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan laki-laki. Pada kenyataannya sekarang banyak wanita yang sukses dan berhasil melebihi laki-laki. Di sisi lain wanita dalam melakukan pekerjaan lebih dapat teliti dibanding laki-laki. Wanita sekarang lebih suka mandiri daripada harus menggantungkan nasibnya terhadap orang lain. Seperti halnya dengan pekerjaan, wanita juga lebih gesit dan lebih dapat memanfaatkan waktunya daripada laki-laki.

Esensi dari perayaan hari Kartini dan juga bentuk penghargaan terhadap Hari Kartini  didapatkan dengan cara menghargai dan menghormati wanita dengan derajat yang sama, dengan hak yang sama pula. Dengan begitu maka wanita akan merasa dihargai dan dihormati sebagai seorang yang disamaratakan. Jangan malah merusak atau melecehkan wanita dengan pelecehan seksual yang sering terjadi. Banyak pelecehan seksual dengan cara ucapan atau kata-kata dan juga dengan cara melakukan tindakan-tindakan kriminallitas seperti meraba-raba bagian tubuh tertentu dari wanita. Kejadian seperti itu banyak terjadi tidak hanya di kalangan mahasiswi atau pegawai kantoran.

Buruh pun kadang menjadi salah satu korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya di tempat-tempat sepi tetapi juga di tempat-tempat umum kadang pelecehan seksual terjadi. Selain itu pelecehan seksual dari tahun ke tahun mulai bertambah Berdasarkan data Komisi Nasional Perempuan sepanjang tahun 2011 ada 119.107 kasus kekerasan yang ditangani oleh lembaga pelayanan. Angka itu melambung pada tahun 2012 menjadi 216.156 kasus. Orang masih melihat korban sebagai pemicu kejahatan seksual, karena hilangnya norma kemanusiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: