Media Sebagai Informasi Masyarakat

16 Apr

information-overload

Oleh : Ade Pandu Narwastu (10321051)

“Cetar Membahana Badai Halilintar”
Itulah yang sering dilontarkan artis Syahrini ketika menghadapi media, dan semua orang pun mengikuti gaya dan model perkataannya ketika melontarkan kata-kata tersebut. Salah satu penyebab dari tersebarnya kata-kata tersebut adalah media yang selalu mengekspos artis pembuat kata-kata. Media secara tidak langsung dapat memberikan informasi yang dapat membuat pemirsa atau penonton televisi dalam menirukan gaya artis yang mereka suka. Dalam perkembangan media sekarang ini, dampak baik dan buruk media itu dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu ketika beraktifitas ataupun ketika dalam bercengkrama dengan keluarga. Dalam keadaan berkumpul dengan teman-teman, keluarga, dan bahkan dengan rekan kerja, media dapat dinikmati bersama dan bagaimanapun kita tidak dapat menghindar dari media yang sekarang sudah canggih.

Media sekarang menjadi ujung tombak dalam informasi untuk masyarakat. Coba bayangkan ketika media itu diblokade atau dimusnahkan, maka seluruh pekerja media bahkan masyarakat akan merasakan ketidaknyamanan. Karena media adalah sarana pendukung untuk masyarakat mendapatkan informasi dari seluruh dunia. Jaman sekarang orang yang tidak memiliki media itu sudah dianggap “cupu” atau “culun” dan bahkan juga dianggap sudah tidak gaul; atau ketinggalan jaman. Media tidak hanya mencakup tentang media cetak, media telesivi, media online atau website tetapi gadget sekarang sudah menjadi tren yang harus dimiliki setiap orang. Dari mulai blackberry, android, tablet, dan lain-lain setiap orang harus mempunyai itu supaya tidak dibilang ketinggalan jaman.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, media sudah menjadi tolok ukur untuk mendapatkan informasi yang akurat dan cepat. Ketika orang itu mempunyai gadget maka orang tersebut akan cepat mendapatkan informasi yang dia butuhkan di manapun dia berada. Apalagi berhubungan dengan jurnalistik, seoarang wartawan dan kameramen harus mempunyai media yang mumpuni atau yang dapat mengakses internet agar dapat menyebarkan berita ketika mereka mendapatkan informasi. Dalam hal ini para wartawan juga harus mempunyai media atau sarana pendukung untuk dapat melakukan pekerjaannya. Sedangkan untuk masyrakat perlunya media sangat membantu untuk kebutuhan informasi sebagai saran penunjang berkembangnya masyarakat. Media apapun sering memberikan fitur yang mudah untuk diakses.

Media massa mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam memberikan informasi terhadap khalayak ramai. Dengan menggunakan akses internet yang bagus, maka media-media di Indonesia dapat menginformasikan dari tempat manapun untuk dikabarkan dan disiarkan secara live atau langsung. Dengan begitu masyarakat dapat menyaksikan secara langsung apa yang terjadi diluar. Bahkan dari luar negeri bisa dapat dilihat dengan penggunaan media yang baik. Tetapi media mempunyai dampak positif dan negatif tersendiri. Selain dampak positif yang telah disebutkan, dampak negatif dari sebuah media adalah kurangnya minat membaca buku dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak di usia dini.

Media informasi era sekarang sudah banyak berkembang dari era sebelumnya. Era sekarang sudah ada yang dinamakan majalah berjalan, atau majalah online. Di manapun, kapanpun, siapapun sekarang sudah bisa mengaksesnya apabila terdapat jaringan internet. Dipermudah lagi menggunakan fasilitas yang canggih dan dapat dibawa kemana-mana. Media sekarang tidak mempunyai batas, dari mulai segmentasi untuk anak-anak sampai segementasi orang desawa, semuanya ada dan orang bisa mendapatkannya lewat internet dengan akses yang sangat mudah. Dengan begitu orang yang tadinya tidak tahu tentang perkembangan dunia sekarang mulai menjadi tahu apa itu internet, apa itu website, dan apa itu blog. Cara mengakses internetpun sekarang sudah tidak sulit lagi, tinggal mengklik apa yang diinginkan maka muncullah informasi yang dibutuhkan dan diinginkan. Media pembelajaran sekarang juga tidak sulit untuk dicari, tinggal mencari saja di “Mbah Google” maka semuanya akan dapat ditemukan.

Teknologi canggih menuntut kita untuk mengikuti jaman yang serba modern, serba menggunakan gadget yang kadang orang tidak tahu cara menggunakannya tetapi karena perkembangan jaman orang dituntut menggunakannya. Dengan media waktu menjadi sangat cepat, jarak menjadi dekat, dan pertemananpun menjadi mudah. Dari media sosial, media formal, media nonformal, dapat diakses secara mudah. Tidak hanya hitungan jam, bahkan hitungan menit pun sekarang sangat berarti untuk menggunakan media.

Jejaring sosial sudah mengakar di mana-mana, dari mulai pedesaan, tengah-tengah kota sekarang sudah tahu apa itu facebook, twitter, WeChat, atau apapun itu yang berhubungan dengan jejaring sosial. Bahkan sekarang orang buka internet yang dituju pertama kali adalah jejaring sosial karena begitu mudahnya jejaring sosial itu dijangkau dan sangat pentingnya jejaring sosial. Karena media itu juga banyak yang dapat tertipu atau dapat dibohongi dari media. Tidak hanya dalam jejaring sosial tetapi dalam perdagangan atau jual-beli online shop. Dengan mudahnya orang membuat akun dengan mudah juga mereka dapat menipu orang dengan akun tersebut. Hanya menggunakan perkataan yang dapat membuat orang tertarik maka orang dapat tertipu karena media.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: