Kreatif Mengembangkan Imajinasi

2 Apr

Anindita Damayanti (10321066)

Kreatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah sesuatu yang memiliki daya cipta, memiliki kemampuan untuk menciptakan. Dengan kata lain, kreatif bisa bersifat inovatif dengan berusaha menciptakan hal yang baru. Tapi banyak arti lain dari kreatif selain menurut KBBI, arti yang berbeda dari setiap orang. Bahkan ‘perbedaan’ itu sendiri dapat berupa hal yang kreatif, tergantung setiap orang berasumsi seperti apa.

            Setiap orang dapat berpikir berbeda dalam menciptakan sesuatu hal yang baru, berbeda dari yang lain dan tidak berusaha mengikuti alur konsep yang sudah ada. Berpikir kreatif juga berarti orang tersebut berusaha memikirkan apa yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Bagaimana orang itu dapat membuat khayalan yang berbeda dari yang lainnya dan pada akhirnya dapat direalisasikan menjadi suatu barang yang unik.

            Kreatif membuat seseorang dapat berpikir dan berpendapat bebas, bahkan bisa hanya berdasarkan khayalan. Kreatif juga berarti unik dan tidak ada yang bisa menyamai atau berusaha tidak sama dengan yang lainnya. Dengan kata lain, kreatif adalah berpikiran out of the box yang secara harfiah berarti berpikir di luar dari kotaknya. Kotak di sini adalah pikiran atau sesuatu hal yang sudah menjadi konsep umum atau hal yang mainstream, maka kreatif adalah bagaimana seseorang dapat membuat atau berpikiran diluar dari konsep-konsep umum tersebut.

            Kreatif, seperti yang disebut dalam KBBI berarti memiliki daya cipta secara alami, kreatif akan mendorong seseorang inovatif dengan dapat menciptakan benda atau pikiran yang baru dan unik. Seringkali orang yang memiliki sisi kreatif akan memiliki sisi yang unik pula, entah dari segi penampilan maupun pemikiran. Secara umum, dalam kehidupan pun diperlukan sisi kreatif dari seseorang, banyak jalan yang dapat ditempuh untuk dapat hidup. Seperti halnya di Indonesia, banyak jalan ‘belakang’ untuk menghasilkan uang, hal seperti inilah yang dinamakan kreatif, namun tentu saja dengan cara yang belum tentu benar.

            Seringkali disebut bahwa seseorang kreatif adalah ketika orang tersebut dapat menemukan cara tempuh yang berbeda dengan cara tempuh orang lain, bisa dengan cara curang dengan jalan ‘belakang’ tersebut atau dengan cara yang benar-benar unik dan yang tak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Tetapi, sayangnya banyak orang cenderung untuk mengambil jalan curang tersebut karena dianggap jauh lebih mudah dan cepat tetapi belum tentu aman. Kreatif seringkali dianggap sebagai jalan keluar dari sebuah masalah, karena orang tersebut akan berpikir mencari jalan yang tidak dapat ditebak oleh orang lain. Secara sederhana, jika ada orang yang kesulitan ekonomi ia cenderung meminta bantuan pada orang lain, tapi jika kreatif ia bisa membuat sesuatu hal dari lingkungan sekitarnya untuk dapat dijual dan menghasilkan uang.

            Dalam menulis, kreatif juga diperlukan. Bukan kreatif untuk menemukan jalan melakukan plagiat tetapi supaya dapat menulis berbeda dari orang lain. Seseorang biasanya akan membaca referensi terlebih dahulu untuk menemukan inspirasi atau ide, tetapi ketika orang tersebut tidak dapat menemukan ide ia akan cenderung meniru konsep orang yang dibacanya. Kreatif memang, karena membuat tulisan tidak sama persis tapi konteks penulisan tentu akan terlihat sama. Kreatif dalam menulis bukan seperti itu, tetapi bagaimana cara untuk dapat mengembangkan tulisan menjadi lebih menarik lagi, menjadi tulisan unik yang belum pernah dibaca oleh orang lain.

            Penulis biasanya akan mengandalkan khayalan, terutama saat menulis novel, komik atau karya lainnya, tentu saja penulis harus kreatif untuk membentuk khayalan tersebut. Setiap orang biasanya akan memiliki khayalan dan imajinasi yang berbeda. Banyak orang yang mengatakan bahwa mendengarkan radio sama saja memutar theater of mind tapi menurut saya, menulis juga dapat memutar theater of mind setiap orang baik pembaca maupun penulisnya.

            Ketika membaca novel, seseorang tentu dapat berkhayal seperti apa gambaran tokoh pemerannya, alur ceritanya, latar belakang waktu dan tempatnya. Kreativitas penulis untuk dapat menjabarkan itu semua harus tertera di dalam buku yang ditulisnya. Jika ada satu detail yang kurang maka cerita tersebut tidak lagi menarik untuk dibaca. Seringkali penulis membuat cerita yang agak rumit dan dengan akhir yang menggantung untuk membuat pembacanya penasaran dan berimajinasi dengan adegan berikutnya, maka di sinilah letak kreativitas si penulisnya. Penulis dengan tulisan yang mudah ditebak menurut saya bukanlah penulis yang kreatif, karena berarti ceritanya sudah sangat umum.

            Kreativitas penulis juga diperlukan bukan hanya dalam penulisan novel, tapi juga menulis karya-karya non-fiksi lain. Seperti menulis artikel dengan data, penulis yang kreatif harusnya dapat mengubah data-data rumit menjadi tulisan ringan yang isinya mudah diserap pembacanya dan menarik. Selain itu, tulisan pun tidak meniru artikel lain yang berarti ia harus bisa membuat tulisan baru atau mengembangkan tulisan yang sudah ada dengan cara menambahkan data yang lebih lengkap lagi.

            Dalam menulis kreatif diperlukan pemilihan kata-kata yang menarik perhatian dan tidak harus selalu baku seperti dalam menulis berita atau laporan. Pemilihan topik juga menjadi salah satu hal penting dalam menulis kreatif, karena seringkali artikel dengan topik yang serius jarang untuk dilirik oleh anak muda, karena anak muda cenderung mencari dan membaca tulisan dengan topik umum seputar pengetahuan umum yang dapat menambah pengetahuan dan informasi mereka.

            Seringkali penulisan kreatif dimulai dari sukanya menulis di blog tentang apa saja yang ia alami atau yang ia lihat. Seperti saat ini sedang berkembang penulisan artikel yang sedikit nyeleneh tapi tetap masih berisi informasi penting untuk pembacanya, seperti yang dikembangkan oleh tim penulis dari nyunyu.com yang memberikan informasi tetapi dengan isi tulisan yang mudah dimengerti dan menarik serta berkaitan dengan kehidupan anak muda. Tulisan kreatif yang menarik dan cenderung konyol tapi tetap kaya informasi.

            Tulisan yang kreatif adalah bagaimana tulisan tersebut dapat menginspirasi sekaligus memberikan informasi yang dibutuhkan dengan pemilihan kata-kata yang ringan dan dapat dimengerti pembaca. Tulisan kreatif juga dapat merubah data yang rumit menjadi bacaan ringan yang mudah diserap. Tulisan kreatif bisa membuat imajinasi pembaca berkembang sesuai dengan alur cerita yang ditulis penulisnya serta berisi cerita yang lain dari yang lain dengan tidak mengikuti konsep yang sudah ada sebelumnya, dapat mengembangkan ceritanya sendiri dan membuatnya menjadi sesuatu hal yang akan diikuti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: