Kreatif Merupakan Seni

2 Apr

Nur Istifani Rahayu (10321093)

Kreatif adalah seni, karna seni mampu mengeksplor semua kemampuan yang ada di dalam diri individu untuk memutar otak secara cepat agar menjadi sesuatu yang tepat guna. Kreatif ada di dalam jiwa setiap orang baik berupa rasa, sifat, sikap atau bakat. Sedangkan seni adalah kreativitas, karna dengan berbekal kreativitas itulah seni yang ada di dalam jiwa seseorang terwujud. Seni itu luas dan tidak terbatas, seni tidak dapat diatur dan tidak bersifat eksak. Seni tidak dapat digolongkan dalam sebuah peraturan ataupun norma-norma. Tetapi untuk membuat seni haruslah sesuai dengan norma yang ada di masyarakat. Segala hal yang berhubungan dengan seni, pastilah ada unsur kreatif di dalamnya.

Begitupun kreatif, segala hal yang berhubungan dengan pengembangan ide kreatif pasti ada seni di dalamnya. Jadi dapat dikatakan bahwa seni adalah bagian daripada kreativitas dan begitupun sebaliknya, kedua hal ini saling berikatan dan tidak terlepas antara yang satu dan yang lain. Kreativitas tanpa seni tidak akan ada nilainya dan seni tanpa kreativitas akan membosankan dan terkesan itu-itu saja.

Setiap individu yang ada di muka bumi ini pastilah mempunyai jiwa kreatif yang besar. Dengan ide-ide kreatif yang ia ciptakan tersebut dapat membantunya dalam melangsungkan hidupnya. Ide-ide kreatif sering menjadi penolong bagi sebagian orang, baik penolong yang bersifat komersial maupun yang bersifat non-komersial.
Seperti yang sudah saya katakan tadi, setiap individu pasti mempunyai kreativitas yang tinggi. Setiap individu itupun hanya tinggal memilih ingin diam dan memendam kreativitas yang ia punya atau maju dan bergerak untuk mengembangkan ide kreatif yang ia dapat. Allah menciptakan manusia berbeda dengan makhluk-makhluk yang lainnya, manusia diberikan otak untuk berpikir dan mengasah kemampuan serta bakatnya. Bila kita tidak memanfaatkan otak yang telah diberikan oleh Allah SWT dengan sebaik-baiknya, maka kita bisa dikatakan sebagai seburuk-buruknya umat. Untuk itulah, memanfaatkan kreativitas yang ada di dalam diri kita adalah penting.

Belajar adalah salah satu kunci untuk menumbuhkan rasa kreativitas yang tinggi, dengan belajar kita akan mengetahui sebuah kegagalan. Dari sebuah kegagalan itu kita pun akan terus berusaha untuk memperbaiki kesalahan yang pernah kita lakukan. Kreativitas tidak mengenal kata menyerah, kreatif lahir dari sebuah kegagalan. Dari kegagalan itulah ide-ide yang ada di dalam pikiran akan berkembang menjadi sesuatu yang baru dan berbeda. Kreativitas itu tanpa batas, bersifat luas dalam segala bidang di dunia asalkan mampu membuat berbeda dari yang pernah ada. Ukuran untuk kreativitas hanya dapat dilihat dari seberapa berbedanya ia membuat sebuah karya seni. Kreativitas semakin dapat dinilai lebih apabila kreativitas tersebut mempunyai seni yang tinggi yaitu mempunyai banyak imajinasi kreatif yang dituangkan di dalam sebuah media seperti selembar kertas, kayu, batu, buku ataupun yang lainnya.

Bila beberapa orang mengatakan bahwa kreativitas sama dengan sesuatu yang unik, saya menganggapnya berbeda. Kreativitas lebih ke arah positif, sedangkan unik bisa ke arah negatif ataupun positif. Kedua hal inilah yang membedakan keduanya. Orang yang berfikir untuk melakukan hal yang unik cenderung memikirkan hal yang berbeda walaupun hal tersebut negatif tanpa memikirkannya kembali. Keunikan biasa timbul hanya untuk memuaskan kebahagiaan dirinya sendiri. Sedangkan kreativitas berhubungan dengan segala hal yang positi. Karena setiap orang yang berfikir kreatif, cenderung akan berfikir dan berfikir lagi apakah ide ataupun gagasan yang ia buat, sudah sesuai dengan yang diinginkan untuk masyarakat dan sudah mampu mewujudkannya menjadi nyata. Kembali lagi yang perlu diingat bahwa kreatif itu seni, seni yang dijalankan dengan hati. Bila hati tidak berperan di dalam sebuah kreativitas maka akan terasa kurang totalitas di dalamnya. Terkadang ide-ide kreatif datang di dalam diri seseorang pada waktu yang tidak terduga dan tidak bisa direncanakan. Maka dari itu kita perlu untuk menuliskan ide-ide yang ada tersebut menjadi sebuah tulisan, bahkan catatan. Agar dapat terus mengembangkannya kembali menjadi sebuah seni. Seni dalam menulis itu diperlukan seperti halnya menulis kreatif.

Menurut saya menulis kreatif adalah menulis menggunakan hati, menulis dengan penuh kesadaran sehingga dalam menulis akan masuk unsur seni di dalam sebuah tulisan tersebut. Seni dalam menulis sangat penting, karena akan menarik perhatian pembaca pula. Baik dari tulisan ataupun gaya bahasa dan alur tulisan itu sendiri. Menulis dengan kreatif memang sangat dibutuhkan karena dapat menumbuhkan kreativitas di dalam diri individu. Dengan kreativitas yang ada dalam diri seseorang, tidak ada yang tidak dapat menulis dengan penuh rasa kreativitas, kecuali individu tersebut malas dan tidak mau mencoba. Inilah yang sering dirasakan oleh banyak orang, rasa malas dan tidak berani untuk mencoba sering menghampiri, sehingga untuk menulis dengan kreatif masih sulit untuk dikerjakan. Menulis kreatif sebaiknya mengembangkan ide dan gagasan yang ada di dalam pikiran kita sendiri, bukan milik orang lain dan bukan dari orang lain.

Menulis kreatif adalah menulis bebas, menulis dalam pandangan luas tidak terpaku pada satu objek yang hanya ada di depan mata saja. Dapat saya jadikan contoh, apabila disediakan objek yaitu buah apel di depan kita, dan diperintahkan untuk mendeskripsikan apa itu apel? jangan hanya melihat dari satu sisi saja, melainkan dari semua sisinya. Bila kita hanya mendeskripsikan bentuk, warna dan ukuran apel tersebut, maka semua orang pun dapat melihatnya. Namun coba kita mendeskripsikan dan mengartikan apel tersebut, hingga memperhatikan bagian-bagian terkecilnya. Maka kita dapat menyimpulkan bahwa ada ulat di apel itu, bagian bawah apel itu busuk, ataupun warna daging apel tersebut yang sudah mulai cokelat.

Menulis memang sangat mudah apabila tema tulisan yang kita ambil sesuai dengan kehidupan kita, sesuai dengan seseorang di dekat kita, sesuai dengan keadaan yang ada, sesuai dengan pengalaman, ataupun sesuai dengan hobi dan kesukaan kita. Itulah menulis kreatif, bila tema yang sudah kita ambil sudah sesuai maka tinggal dikembangkan menjadi sebuah seni. Sebuah tulisan dibuat dengan tujuan untuk dibaca, tetapi banyak orang yang tidak berminat membaca buku-buku pengetahuan karena dianggap isinya monoton. Namun bagaimana bila ada penulisan kreatif di dalamnya? Setidaknya dengan memberikan gambar ataupun warna di dalam buku pengetahuan itu, maka akan ada minat membaca karena tertarik dengan tulisan dan gambar di buku itu.

Selain itu dengan pemilihan judul yang kreatif dalam sebuah tulisan juga dapat mempengaruhi minat pembaca. Seringkali kebanyakan orang membaca judul terlebih dahulu sebelum membaca isi tulisan. Dengan memberikan judul yang sekreatif mungkin namun tetap berpedoman pada isi tulisan, tentu akan menambah perhatian pembaca. Menulis kreatif penting dilakukan terutama di era yang semakin modern ini, kita harus kreatif mengemas tulisan agar tetap senang menulis dan membaca tulisan kita kembali. Bila semua tulisan tidak dibubuhi ide kreatif maka akan terasa hambar dan bosan. Seperti halnya sebuah buku dengan sampul yang monoton maka akan jarang ada yang beli, namun bila buku tersebut mempunyai sampul dan judul buku yang dibuat secara kreatif mungkin akan banyak yang berminat membaca. Belum lagi apabila isi buku itu menarik, pastinya akan menambah nilai positif bagi pembaca.

Menulis kreatif bukan hanya berpaku pada sebuah tulisan yang berisi berita ataupun cerita-cerita pendek. Namun menulis kreatif juga dapat dituangkan dalam sebuah puisi, pantun, prosa dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: