Menjadi Manager Satu Menit? Sangat Mungkin

18 Jun

Renata Pertiwi Isadi (09321077)

 

Buku “The One Minute Manager”

 

Judul            :  The One Minute Manager: Tiga Teknik Manajemen Praktis

Penulis          :  Dr. Kenneth Blanchard, Ph.D dan Dr. Spencer Johnson, M.D.

Penerbit        :  PT. Menuju Insan Cemerlang

Terbit            :  Cetakan pertama, Agustus 2011

Tebal            :  XVI  + 120 halaman

ISBN            :  978-602-8482-38-7

 

Dr. Kenneth Blanchard, Ph.D dan Dr. Spencer Johnson, M.D saya rasa telah sukses menyebarkan metode baru dalam manajemen. Buku mereka yang berjudul The One Minute Manager yang diterbitkan sejak awal tahun 2000-an, hingga kini telah menyukseskan jutaan manager di seluruh Amerika. Bahkan para manager dan pebisnis kelas dunia turut menerapkannya metode manajemen One Minute ini dan menyarankan metode tersebut sebagai standar program pengembangan manajemen.

Pertengahan tahun 2011 buku ini dialihbahasakan oleh Marlene T. ke dalam bahasa Indonesia di bawah naungan Indonesian Language Translation, Mic Publishing. Mengusung tema tiga teknik manajemen praktis, akhirnya cetakkan pertama buku ini diterbitkan pada Agustus 2011.

Isi buku ini menceritakan tentang petualangan seorang anak muda cerdas yang penasaran dengan sistem manajemen efektif. Selama bertahun-tahun ia mencari seorang manajer yang sukses dengan cara efektif tersebut. Ia telah mencari ke seluruh penjuru dunia hingga pada akhirnya ia mendengar ada seorang manajer istimewa yang berada di kota tetangga. Ia pun pergi mendatangi manajer istimewa tersebut untuk menanyakan rahasia suksesnya.

Berdasarkan judul bukunya, buku ini mengusung tema tiga teknik manajemen praktis. Apa saja ketiga teknik tersebut? Ketiga teknik tersebut adalah, tujuan satu menit, pujian satu menit, dan peringatan satu menit. Penjelasan mengenai masing-masing teknik diuraikan dengan sangat jelas dan logis dalam tiap babnya. Penulis memberikan contoh yang sangat realistis, sehingga pembaca dapat meresapi dan menerima maksud yang disampaikan.

Buku ini mengajarkan tentang bagaimana seseorang untuk menjadi sukses dan menyukseskan orang lain. Menyampaikan tujuan manajemen secara jelas, sehingga tidak ada keburaman antara manajer dan bawahan. Tujuan adalah apa yang menjadi tolak ukur pencapaian dalam mengerjakan sesuatu, sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal haruslah ada perintah yang jelas.

Selain penetapan tujuan, pujian juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Munculnya semangat kerja biasanya sering terjadi karena adanya pujian dan penghargaan atas prestasi yang telah dicapai. Namun dalam pelaksanaannya, pekerjaan tidak akan selalu berjalan mulus, sehingga suatu waktu mungkin akan ada kesalahan yang dilakukan. Metode ini menanggapi kesalahan tersebut dengan peringatan.

Tujuan, pujian, dan peringatan mungkin sering kita dengar sehari-hari, namun uniknya ketiga cara ini dilakukan hanya dalam waktu sekitar satu menit. Itulah yang membuat metode One Minute Manager ini menjadi lebih efektif dibandingkan dengan metode manajemen lainnya. Metode ini benar-benar menggunakan waktu yang sangat singkat dalam pelaksanaannya, baik dalam manajemen waktu maupun manajemen orang.

Buku ini terdiri dari beberapa bab yang runtut. Tiga pokok utama mengenai teknik manajemen praktis diuraikan dalam bab-bab yang saling berkesinambungan. Namun untuk mengerti keseluruhan isi buku, pembaca harus membaca buku ini dari awal. Ini yang menjadi kelemahan buku The One Minute Manager. Pembaca yang belum pernah membaca buku ini sebelumnya akan sulit mengerti jalan ceritanya bila hanya membaca suatu bab tertentu saja, karena penjelasan mengenai tiga teknik manajeman efektif ini dijabarkan dalam bab yang terpisah. Selain itu dalam penceritaannya melibatkan banyak tokoh. Tokoh-tokoh tersebut terkadang sering disebut ulang pada bab tertentu, namun tidak diceritakan secara rinci di tiap bab. Rincian mengenai tokoh-tokoh ini hanya dijelaskan pada cerita awal perkenalannya. Tokoh-tokoh pendukung itulah yang turut membantu pemuda cerdas dalam perjalanan mencari metode manajemen efektif.

Buku manajemen ini dikemas dalam balutan soft cover berwarna biru dan putih yang standar. Namun keunikan terdapat pada tulisan judul bukunya. Terdapat suatu simbol khas. Simbol tersebut mencirikan singkatnya waktu yang digunakan dalam manajemen ini. Besar buku yang hanya berukuran 15×23 cm dan tebal 136 halaman ini membuatnya mudah dibawa.

Buku terjemahan asal Amerika The One Minute Manager: Tiga Teknik Manajemen Praktis ini sangat bagus dalam pembahasannya. Sangat rinci namun tetap sederhana untuk dimengerti. Hanya saja, kualitas terjemahan buku ini masih kurang sempurna. Pada kalimat-kalimat tertentu sering ditemukan makna yang janggal. Namun permasalahan tersebut tidak mengubah esensi dari buku ini.

Buku ini tidak hanya berguna bagi pelaksanaan manajemen perusahaan, namun juga sangat bermanfaat bagi manajemen perorangan. Menerapkan metode ini akan mengubah konsep manajemen yang biasa dilakukan oleh manager pada umumnya. Namun perubahan signifikan tentunya akan terjadi bila metode ini dilakukan dengan konsisten dan berkesinambungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: