Mengenal dan Mengembangkan Potensi Android

18 Jun

Faiz Syauqy (09321062)

 

Buku “Android, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Andorid”

 

Judul               : Android, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Andorid

Penulis             : Nazaruddin Safaat H.

Penerbit           : Informatika Bandung

Terbit               : April 2011

Tebal               : 294 Hal

ISBN               : 978-602-8758-23-9

 

Pengguna ponsel di Indonesia mayoritas menggunakan ponsel dengan OS (operation system) Symbian di dalamnya. Namun seiring kemunculan Android, masyarakat kini mulai melirik sistem operasi pendatang baru tersebut. Ponsel yang menggunakan OS Android sudah mulai diminati oleh kebanyakan orang pengguna ponsel pintar atau smartphone.

Vendor ponsel yang menawarkan produk berbasis Android di pasar Indonesia mendapatkan respon yang sangat bagus. Terbukti ponsel pintar pabrikan Samsung dan Sony Ericsson yang menggunakan sistem operasi Android laris di pasaran, kebanyakan pembeli adalah para kawula muda yang sedang gandrung dengan Android. Selain mobile phone, Android sekarang juga mulai berkembang pesat sebagai sistem operasi tablet PC. Bagi para penggila gadget, tablet PC berbasis Android agaknya harus ada di tangan mereka.

Banyak kelebihan yang dimiliki platform Android, antara lain adalah platform Android disediakan melalui lisensi open source yang berarti developer dapat dengan bebas mengembangkan aplikasi. Selain itu pengembang atau developer tidak dikenakan royalti ataupun membeli lisensi untuk mengembangkan Android, dengan kata lain, platform Android diluncurkan secara bebas.

Apabila Anda adalah seorang developer atau praktisi informatika yang tertarik mengembangkan Android, maka buku ini akan sangat membantu Anda. Secara lengkap buku ini menjelaskan tentang bagaimana mengembangkan Android dan memebuat aplikasi mobile berbasis Android.

“Android dipuji sebagai platform mobile pertama yang lengkap, terbuka, dan bebas”. Begitulah kutipan dari buku ini yang menegaskan bahwa potensi Android di pasaran sangat bagus, maka dari itu penulis ingin memberikan semacam tutorial untuk mengenal dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Android.

Buku ini bisa dibilang sebagai guide book atau buku yang membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan. Para pengembang dan praktisi informatika akan sangat terbantu dengan adanya buku ini, karena buku ini memang ditujukan untuk para pengembang atau praktisi informatika. Namun bagi yang ingin mengenal dan memaksimalkan ponsel atau tablet PC andorid miliknya, buku ini juga akan sangat bermanfaat.

Secara garis besar, buku ini dibagi atas beberapa bagian yaitu pengenalan Android, persiapan coding Android, hello Android, user interface, activity, widget, droiddraw, bagian webkit, lanjutan layout, array/file, database, serta bagian maps dan handle telepon.

Alur pembagian buku di atas sudah disesuaikan untuk para pengembang dan praktisi informatika yang sudah banyak mengetahui tentang masalah codding dan bahasa pemrograman. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar atau capture tentang tools dan codding yang digunakan. Setiap teori yang ditulis di dalam buku ini disertai dengan gambar cpature langkah-langkah atau step yang dilalui, sehingga memudahkan pembaca dalam mempraktikkan teori yang ada di buku.

Karena Android bersifat open source maka dalam buku ini juga disertakan codding yang berkaitan dengan pembuatan dan pengembangan aplikasi mobile berbasis Android.

Cara penyajiannya pun sangat menarik, gambar ditata dengan rapi sehingga tidak terkesan berjejalan. Dengan menggunakan kertas putih kualitas yang bagus. Buku ini pun enak dibaca dan terkesan elegan. Harga yang dipatok pun setara dengan kualitas fisik dan konten yang terdapat di dalam buku ini.

Namun, konten buku yang sarat dengan codding dan bahasa pemrograman memang sedikit asing untuk dibaca oleh masyarakat awam yang tidak paham dengan pemrograman. Akan tetapi dari awal penulis buku ini memang mengarahkan untuk para pengembang atau praktisi informatika.

Secara fisik, buku ini cukup elegan namun minimalis dengan sampul warna putih kehijauan dan beberapa logo Android di tengahnya.

Bagi para developer dan praktisi informatika, buku ini sangat direkomendasikan sebagai guide book untuk menemani dan mengarahkan Anda ketika menyelami, mengoprek-oprek dan mengembangkan potensi Android.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: