K-Pop Star is My Teacher

18 Jun

Ira Pratica Dewi.S. (09321019)

 

Buku ” Jalur Cepat! Lancar Berbahasa Korea Bersama K-Pop Stars”

 

Judul                     : Jalur Cepat! Lancar Berbahasa Korea Bersama K-Pop Stars

Penulis                   : Lee Dae Han (Lidya dan Deni)

Penerbit                 : Ruang Kata

Cetakan                 : Cetakan ketiga, 2012

Tebal buku            : vi + 210 halaman

 

Shinee… SNSD… 2PM… 2NE1… Big Bang… Siapa yang tidak kenal dengan  boyband dan girlband asal Korea Selatan ini? Atau Super Junior? Pasti hampir semua anak muda di Indonesia tahu dengan nama-nama itu. Mulai dari hanya mendengar atau bahkan menjadi fans mereka. Wow!… Korean Wave yang dibawa mereka benar-benar sudah melanda Indonesia. Fans pun berlomba-lomba memperdalam pengetahuan tentang boyband atau girlband favorit mereka. Kebudayaan negara asal mereka juga tidak lupa dari perhatian para fans, terutama tentang bahasa Korea. Wabah Korean Wave inilah yang mendorong beberapa penulis membuat buku tentang bahasa Korea, mulai dari kamus hingga cara belajar bahasa Korea.

“Lancar Berbahasa Korea Bersama K-Pop Stars” merupakan salah satu dari sekian buku yang terbit karena wabah Korean Wave. Buku yang ditulis oleh dua orang ini mengajarkan kepada kita bagaimana belajar bahasa Korea dengan cara yang menyenangkan. Belajar? Mendengar kata itu saja orang sudah berpikir tentang susah dan bosan, apalagi belajar tentang bahasa dan huruf yang belum pernah kita kenal sama sekali. Lee Dae Han (Lidya dan Deni) ingin mengajarkan bagaimana dengan cepat dan menyenangkan belajar bahasa Korea bersama bintang K-Pop yang baru terkenal di Indonesia dengan buku ini.

Buku dengan sampul eye catching ini melampirkan beberapa lagu K-Pop terkenal, seperti dari Big Bang, Shinee, Super Junior, SNSD, DBSK, 2NE1, SS501, dan lainnya. Kenapa lagu? Lagu dipercaya lebih cepat ditangkap dan diingat oleh otak, apalagi lagu K-Pop yang akan selalu didengarkan oleh fans. Diharapkan mereka yang ingin mengerti bahasa Korea tidak hanya belajar, namun juga sambil mendengarkan lagu agar cepat mengerti. Tidak hanya menampilkan lirik lagu saja, Dae Han menghiasi bukunya dengan chibi atau gambar kartun dari masing-masing boyband dan girlsband yang akan dibahas.

Seperti tujuannya, buku ini menyajikan pengetahuan bahasa Korea mulai dari yang dasar, yaitu pengenalan huruf Korea atau hangeul. Tahap demi tahap Dae Han tulis, dari bagaimana bentuk hangeul, jenis, cara penulisan, pengucapan, dan penggunaan dalam kalimat.

“… 이 세상 의미 없어 (…I sesangeun euimi eobseo)”

Salah satu petikan lirik milik Big Bang dari lagu “Love Song” (hal.19) ini merupakan contoh penggunaan kata benda 은/는 (eun/neun) yang Dae Han berikan dalam buku ini. Oleh Dae Han, setiap contoh penggunaan hangeul ditampilkan dalam lirik yang berbeda-beda. Setiap bab juga membahas hal yang berbeda dengan bintang K-Pop yang berbeda. Selain mengedepankan tentang belajar hangeul, si penulis tidak lupa mencantumkan beberapa alamat fansclub dari masing-masing idola. Ini ditujukan untuk lebih menarik minat pembaca dan juga minat belajar bahasa Korea.

Di setiap sisi positif, pasti ada sisi negatifnya. Dalam buku milik Dae Han ini, masih ditemukan kekurangan. Salah satu yang dapat menjadi contoh adalah penggunaan kata berbahasa Korea tanpa ada artinya. Mungkin untuk beberapa orang yang sudah sedikit mengerti tentang bahasa Korea, kata “chingu” yang ada di setiap babnya tidak akan terlalu mengganggu. Ini akan mengganggu bagi orang yang masih belajar dasar bahasa Korea. Kata “chingu” yang berarti teman, dalam buku ini hanya ditulis begitu saja tanpa ada artinya. Maka lebih baik diberi arti agar lebih bermanfaat bagi pembacanya.

생이 책을 읽어요 (Tongsaengi chaegeul ilgeoyo)

Dalam pembahasan partikel objek 을/를 (eul/reul) ada tulisan seperti di atas (hal. 23). Tidak ada kesalahan dalam penulisan hangeul, hanya saja terjadi kesalahan cara pembacaan. Seharusnya “” dibaca “dong”, tapi dalam buku ini ditulis “tong”. Kata “tong” lebih tepat jika ditulis “”.

Karikatur atau ornamen lainnya dalam buku akan lebih menarik, apabila ditambahkan. Ini akan menarik para pembaca agar lebih giat memahami bahasa Korea yang tersaji dalam buku ini. Selebihnya buku sudah cukup bagus dan menarik. Sangat bermanfaat bagi kita pemula yang akan belajar bahasa Korea dengan cara yang berbeda. Jadi, kita yang belajar melalui buku ini seperti belajar sambil bernyanyi dan menjadi lebih dekat dengan idola kita. Cukup menyenangkan bukan?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: