Enaknya Jadi Orang Beruntung

18 Jun

Farah Fuadona (09321038)

 

Buku “100% OB”

 

Judul Buku      : 100%OB(Orang Beruntung)

Penulis             : Hieronymus Budi Santoso

Penerbit           : Pohon Cahaya

Cetakan           : September 2011

Tebal               : 160 hlm

 

Selama ini sebagaian besar masyarakat Indonesiajika mengalami sedikit benturan dalam persoalan yang dihadapi. Apalagi dengan relasinya dan diberi sedikit kritikan atas kinerjanya dalam pekerjaan, maka serta merta sebagian besar orang Indonesiaakan marah dan langsung menjudgment koleganya “Hah, dia mau mengambil peluangku!”. Emosi dan akal sehat menggagu hubungan baik dan muncul persaingan yang tidak perlu.

Bangsa kita memang tidak terbiasa jika mendapatkan kritikan dari seseorang disekitar kita. Hanya kesan negatif saja jika ada kritik yang dilayangkan pada dirinya. Karena alasan ini, banyak orang yang akhirnya tidak mau mengkritik orang terdekat mereka yang bertindak salah. Macam-macam alasannya “Takut menyakiti hatinya”.

Buku motivasi dengan judul 100%OB(Orang Beruntung) ini tidak memberikan kesan menggurui bagi pembacanya. Setiap lembar yang dibalik membuat si pembaca menaikkan mata ke atas, berpikir dan sedikit tersenyum kecil. Setiap isinya membahas seorang manusia dalam menyikapi keberuntungan dan ketidakberuntungan dalam hidupnya.

Isi dari setiap halamannya merupakan pengalaman hampir sebagian besar manusia yang hidup di muka bumi ini. Maka pembaca akan sedikit mengernyitkan dahi dan berkomentar dalam hati “ah ya, sama seperti saya”.  Hieronymus Budi Santoso menuangkan motivasinya dalam buku ini secara bijak. Sebagian besar dari kita ketika mendengar kata motivasi kadang jadi malas atau hanya buang-buang waktu saja. Namun dengan pemikirannya, ia mampu mengambil pembelajaran dari tingkah laku keseharian masyarakat pada umumnya.

Banyaknya sikap pesimis yang lahir di lingkungan sekitar kita membuat kebanyakan dari kita ikut tertular virus ini. Sedikit dari kita yang melihat peluang dan mampu memotivasi dirinya untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Masyarakat kita dewasa ini sangat membutuhkan seorang yang bisa dijadikan panutan dan mengangkat mereka dari jurang keputusasaan.

Padahal banyak manfaat dari sebuah kritik. Selain membuktikan bahwa orang disekitar kita peduli dengan kita. Kritik yang membangun dapat meningkatkan prestasi kita dibidangya. Seperti kutipan dalam buku motivasi ini, “Si untung mendapat kritikan dan menjawab “Thank you…! Terima kasih..!. Si sial malah marah-marah “Heh…loe ngomong doing..! Gue dah ngerti, tauk…!” halaman 42. Banyak negara maju yang menjadikan sebuah kritikan menjadi budaya mereka. Mereka tak canggung karena ini memang diniatkan untuk membangun orang-orang di sekitarnya. Sehingga dengan begini pemikiran semakin maju karena tidak akan mengulang kesalahan-kesalahan yang sama.

Memberikan sebuah motivasi seseorang dengan melihat setiap kejadian yang dirasakan setiap hari bukanlah hal yang susah-susah gampang. Namun buku inidapat memberikan motivasi bagi pembacanya. Karena isinya sangat tidak menggurui dan sebagain besar isinya merupakn kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Beruntung sekali orang bisa membaca baik secara tulisan maupun lisan, karena ia bisa membaca peluang dan meningatkan kualitas dalam dirinya.

Buku ini sangat cocok diberikan pada orang terkasih diantara kita. Tak mau tentu jika orang terkasih kita merugi dalam menjalani kehidupannya. Maka buku ini bisa menjadi jembatan yang baik bagaiamana manusia dalam menyikapi kehidupannya sehari-hari. Bahwa hidup ini begitu filosofis dan banyak kejadian yang mungkinkita lewatkan begitu saja. Tentu tak mau bukan jadi orang merugi.

100% OB terasa sedikit aneh, seperti nama sebuah obat batuk ketika saya melihat sampul buku motivasi ini. Judul yang tidak berat dan sampul warna merah muda cerah ini langsung menghapuskan gambaran saya tentang bungkus merk obat batuk yang terlihat suram. Penulis berhasil membuat karakter tulisannya terlihat ringan namun berbobot dari sampul depannya. Adanya karikatur besar yang hampir memenuhi sampul depan buku ini menggambarkan. Ini adalah buku yang ringan namun mendidik terlihat dari karikatur yang tidak terlihat serius namun sedikit berkelas dengan lelaki tua (sepertinya pengarangya) yang membawa tas besar yang sama besarnya dengan kepala dari si tokoh karikatur ini.

Buku ini terlihat menarik bukan saja dari isinya tapi juga dari  pengemasannya. Buku dengan sampul hard cover, buku yang tidak di lem seperti kebanyakan bulu lainnya namun di gerigi pinggirnya. Serta halaman yang berwarna-warni dibumbui dengan karikatur di beberapa halamannya membuat buku ini menjadi sedikit hidup. Font tulisannya juga tidak menjemukan. Secara garis besar buku ini baik secara layoutenya karena memang benar buku motivasi itu sebisa mungkin membuat orang tidak akan meninggalkannya.

Buku motivasi tebirtan akhir  tahun 2011 secara keseluruhan sangat enak dibaca. Kemasan yang tidak besar membuat buku ini bisa dibawa kemana-mana setiap hari. Baik untuk sekedar teman motivasi dalam perjalanan hidup Anda atau bisa dipinjamkan kepada teman Anda, dengan ini tentunya Anda telah menyebarluaskan kebaikan di mulai dari orang-orang yang berhubungan dengan Anda. Merupakan langkah bijak yang bisa diambil dari sekarang.

Namun namanya sebuah buku kadang tidak terlepas darigayatutur penulisnya. Latar belakang juga mempengaruhi bagaimana si penulis dalam menuangkan gagasannya di dalam bukunya. Tidak ada kesalahan yang berarti dalam isi buki ini, secara umum buku ini bisa dibaca oleh semua kalangan. Sepertinya sang penulis memang sengaja menampilkan sisi negatif dan positif seorang manusia dan buku ini sangat direkomendasikan bagi yang sedang butuh penceahan dalam hidupnya.

Buku yang baik adalah buku yang bisa berkomunikasi dengan pembacanya dan buku ini sukses membuat pembacanya seolah-olah berkomunikasi dengan buku ini. Setiap lembar yang dibaca akan menimbulkan mimic muka yang berbeda karena hampir sebagian isi buku ini adalah kejadian dalam kehidupan manusia sehari-hari dan penulis buku ini sukses membuat pembaca seolah-olah juga sedang memahami karakter si penulis. Bravo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: