Agama dalam Politik Indonesia

18 Jun

Ika Oktiana (09321097)

 

Buku “Spiritual Journey Pemikiran Dan Perenungan Emha Ainun Najib”

 

Judul buku      : Spiritual Journey Pemikiran Dan Perenungan Emha Ainun Najib

Penulis             : Prayogi R. Saputra

Penerbit           : Buku Kompas

Cetakan           : 1

Tebal buku      : XVIII + 214 halaman

 

Pengarang dapat menjelaskan dengan teliti perjalanan hidup Emha Ainun Nadjib dalam mensyiarkan agama islam dengan caranya sendiri ditengah-tengah masyarakat yang dipenuhi dengan kezaliman. Catatan perjalanan spiritual Emha Ainun Nadjib yang bershalawat bersama jama’ah orang-orang yang berada dalam tataran psikologi kaum lemah dan tertindas, yang dipenuhi lubang dihati mereka karena berada dalam tubir semangat penghancuran akibat ketidakpuasan, keputusasaan, dan amarah atas kebobrokan dan kezaliman penguasa.

Dalam buku tersebut ada kutipan yang bisa diambil hikmah dan maksud “Shalawat adalah kunci utama segitiga antara manusia, Rasulullah, dan Allah”, yang dimaksud adalah Allah SWT mencintai manusia yang mencintai Nabi Muhammad SAW. Ada dua premis, yang pertama adalah Allah SWT mencintai manusia yang mencintai kekasih-Nya, sedangkan premis kedua Rasulullah adalah kekasih Allah.

Manfaat buku berjudul Spiritual Journey Pemikiran dan Perenungan Emha Ainun Nadjib sendiri sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat terutama masyarakat yang belum tahu secara mendalam tentang kisah perjalanan seorang ulama yang sangat giat mensyiarkan agama islam yang dipenuhi dengan tantangan yang tidaklah mudah. Masyarakat yang semula tidak mengenal dan tidak yakin dengan ajaran islam, dengan membaca buku ini mereka akan percaya dengan Islam semua itu diambil dari pengalaman nyata para orang-orang yang tidak mengenal ajaran Islam dan akhirnya mereka memeluk agama Islam.

Perjalanan seorang Emha Ainun Nadjib  yang dihadapkan oleh orang-orang yang psikologinya lemah dan tertindas, lalu mengangkat tema diskusi jamaah maiyah yang oelh Emha Ainun Nadjib dibuat gagasan-gagasan tasawuf yang aplikatif, dan ada bermacam-macam topic yang beliau kemukakan, misalnya kafir danmukmin, anatomi doa, multikulturalisme, neoliberalisme, kesehatan dan kematian dan kesaksian reformasi 1998. Dan dengan jalannya sendiri dalam mensyiarkan ajaran islam beliau memakai media seni dan budaya yang tetap mengedepankan spiritual-religius di tengah-tengah masyarakat.

Buku yang berjudul Spiritual Journey Emha Ainun Nadjib ini mengisahkan tentang perjalanan hidup dan perjalanan spiritual Emha Ainun Nadjib dalam mensyiarkan agama islam di zaman yang penuh dengan kezaliman, dengan caranya sendiri beliau akhirnya sedikit demi sdikit berhasil menyampaikan ajaran islam ditengah-tengah masyarakat yang dilanda kezaliman.

Gaya penulisan buku tersebut tidaklah terlalu rumit, seperti halnya buku-buku yang lainnya tetapi ada sedikit perbedaan yang terkandung didalam buku tersebut, mulai dari daftar istilah, indeks dan tentang pendapat orang-orang yang pernah membaca buku ini. Dan buku ini bercerita tentang awal mula perjalanan spiritual Emha Ainun Nadjib sampai cara-cara beliau menyampaikan ajaran islam lewat cara beliau sendiri yang bertujuan untuk menyadarkan orang-orang untuk memluk agama islam.

Kertas yang dipakai dalam buku Journey Spiritual berukuran A5, cover depan bergambar Emha Ainun Nadjib dan berjudul Spiritual Journey, Pemikiran dan Perenungan Emha Ainun Nadjib.  Buku ini memiliki keunggulan dalam hal isi beserta nasehat yang terkandung dalam buku tersebut, setiap orang yang membaca buku tersebut pasti akan tersentuh dan tahu tentang kisah-kisah yang pernah dijalani Emha Ainun Nadjib, dan pembaca juga bias memetik pelajaran dari buku tersebut. Sedangkan kekurangan buku tersebut ada beberapa bahasa atau kalimat yang sulit dimengerti oleh pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: