Operasi Plastik di Korea Selatan

7 May

Dwi Khairiyah Daud (09321034)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbicara mengenai Korea Selatan (Korsel), dengan spontan kita akan teringat dengan cantik dan kerennya girl dan boyband dari negeri Ginseng tersebut. Para wanita di negeri itu cantik-cantik seperti boneka, dan para lelakinya pun tidak kalah ganteng seperti patung berjalan.

Di beberapa negara, operasi plastik masih merupakan hal yang tabu. Akan tetapi di negeri boyband ini, operasi plastik adalah hal yang dianggap biasa. Apalagi dengan munculnya Korean Wave atau yang dikenal dengan Gelombang Korea. Drama Korea maupun grup-grup musik asal negeri Ginseng ini banyak disenangi oleh remaja maupun para orangtua.  Artis Korea cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Tetapi, rata-rata para artis Korea tersebut melakukan operasi plastik (oplas) untuk menyempurnakan dirinya secara fisik, seperti memperbesar kelopak mata, pengurangan rahang, menghilangkan keriput di wajah, pemangkasan tulang pipi, memancungkan hidung, dan mempertipis bibir. Operasi semacam ini sudah dianggap wajar oleh masyarakat Korea.

Contohnya saja artis Kyuhyun, anggota dari Boyband Super Junior ini melakukan operasi  plastik dengan memancungkan hidungnya. Alasannya yaitu untuk mendapatkan fisik yang bagus, dan disenangi oleh masyarakat. Oplas bagi mereka berguna sebagai harga jual para artis, selain dari karya-karya mereka. Selain Khuyun, ada juga bintang Boys Over Flowers dan mantan personil Boyband SS501, Kim Hyun Joon. Dia  mengaku melakukan operasi plastik pada hidungnya sehingga menjadi mancung.

Dalam bisnis hiburan Korea Selatan, penampilan sama pentingnya dengan talenta, operasi plastik menjadi sangat biasa di kalangan artis. Artis Korea memiliki keinginan sangat kuat untuk bisa tampil sempurna, kecantikan dan kegantengan adalah modal utama dalam meniti karir di Korea, ditambah lingkungan kompetitif yang tinggi menyebabkan artis Korea melakukan operasi plastik. http://mynewsbasket.blogspot.com/2012/02/budaya-plastik-korea.html

Berdasarkan data dari departemen kesehatan Korea itu sendiri, hampir 99% artis di Korea telah melakukan operasi  plastik,  dan 65 % wanita di sana pun melakukan hal sama, baik itu operasi yang hanya sekadar mengubah mata, sampai mengubah total wajah mereka menjadi “makhluk baru” (http://www.bambang-gene.com/2012/01/proses-operasi-plastik-di-korea-selatan.html. Diakses tanggal 10 April 2012).

Bukan hal yang tabu lagi bahwa melakukan operasi plastik merupakan suatu hal yang biasa di Korea Selatan. Korea adalah sebuah negara sadar penampilan. Masyarakat Korea sendiri menganggap bahwa semakin bagus penampilan, maka kesempatan untuk menjadi sukses pun semakin besar.

karena melakukan oplas, banyak artis Korea yang menjadi cantik dan ganteng, maka banyak yang mengangggap bahwa dokter-dokter di Korea merupakan yang terbaik di dunia. Bahkan warga negara Jepang, Tiongkok, dan Asia lainnya berwisata ke Korsel untuk melakukan operasi plastik.

Operasi plastik menjadi seperti budaya di Korea, bahkan aneh bila Anda tidak melakukan operasi plastik dan tidak memenuhi definisi kecantikan Korea. Korea memiliki standar kecantikan, yakni kelopak mata ganda, hidung mancung, wajah tirus, dan sebagainya layaknya boneka Barbie.

Bukan hanya para artis, masyarakat biasa pun sudah biasa melakukan oplas. Para orang tua di Korsel memberikan hadiah kelulusan bagi anak mereka dengan operasi plastik. Bahkan ada salah satu daerah di Korsel, Apkujong, hampir di setiap gedung memiliki satu klinik operasi plastik. Selain itu ada juga sebuah jalan yang diberi nama “Jalan Operasi Plastik”.

Karena mudahnya melakukan operasi plastik di negeri ini, muncul penilaian bahwa melakukan operasi plastik sama gampangnya dengan mengganti warna rambut. Karena, untuk melakukan operasi memperbesar kelopak mata, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih  satu setengah jam.

Dari banyaknya yang melakukan operasi plastik, maka menghapuskan anggapan, bahwa operasi plastik adalah hal yang tabu untuk dilakukan. Dampak ini juga akan menyebar ke setiap negeri di mana Korean Wave banyak digemari.

Pada kenyataannya telah tertanam dalam pikiran masyarakat Korea, bahwa seseorang yang tidak berpenampilan menarik, tidak akan pernah diperhitungkan untuk apa pun. Sedangkan orang berpenampilan menarik dapat dipastikan  memperoleh hal terbaik dalam hidupnya.

Di sisi lain keberhasilan oplas di Korea Selatan, yang menghasilkan warganya menjadi cantik dan ganteng. Ada juga kegagalan oplas yang menyebabkan kerusakan pada wajah seseorang. Misalnya artis Han Mi Ok

Artis Han Mi Ok memutuskan untuk mengoperasi wajahnya dengan menggunakan silikon. Sesudah mendapatkan wajahnya rusak karena operasi plastik tersebut, artis Han Mi Ok melakukan beberapa operasi lagi untuk meminimalisir kerusakan pada wajahnya. Oleh karena kerusakan pada wajahnya itu, artis Han Mi Ok tidak terjun lagi ke dunia hiburan Korea Selatan.

9 Responses to “Operasi Plastik di Korea Selatan”

  1. lala 10/05/2012 at 16:21 #

    kim hyun joong bukan mantan member ss501. dia masih leader, cuma tiap member lagi fokus solo skg .. gimana sih penulisnya? ckck.. nulis sih boleh, tapi nulis fakta dong >,<

    • parapenuliskreatif 04/06/2012 at 21:10 #

      Sebelumnya saya admin aka mimin blog ni minta maaf untk kesalahan penulis..
      Memang benar Hyun Joong masih member SS501 dan masih fokus solo karir sprti member lain..
      sekali lagi maaf… Semoga mereka cpat comeback dan mampir ke Indo buat konser ^^,
      화이팅…!!!

  2. artya 08/07/2012 at 19:42 #

    ngeriiii ya…knapa mesti gitu?

  3. Eunji Elf 12/09/2012 at 23:13 #

    mimin slah kyk ea,, bukan idungx yg kyuhyun oplas tp matax… gmnsih mimin..:'(

  4. yousuck 13/09/2012 at 00:12 #

    bodo amat mo member apaan head topiknya soal operasi plastik bodoh

  5. Yuki Kiedongyunmin 15/12/2012 at 08:45 #

    what ?? kyuhyun operasi hidung ?? wah, authornya sok tau banget nih
    kyuhyun emang operasi tapi , kim hyun joong aja di bilang mantan member ss501 -____-‘cuma di mata doang, hidungnya itu alami, kalau gak percaya liat aja tu foto predebutnya
    ah..ngaco nih, kim hyun joong aja di bilang mantan member ss501 -_______-‘

  6. titin 20/02/2013 at 23:08 #

    udah udah ah
    napa pd ribut2???
    alngkh baikny sblm berita dpublish, dcek dl kbnrnny
    kn kasian yg jd bhn beritny ^_^

  7. sri 27/04/2013 at 21:09 #

    setahuq kyuhyun operasi kelopak mata, tpi setelah dicermati memang hidungnya berubah jadi lebih ramping n mancung
    .. Tapi ga peduli ahh, jugaan hidungnya dia sendiri, yg penting aq ga terlalu lihat ke fisik,, ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: