Mau Hidup Tentram, Asuransi Jawabannya

7 May

Farah Fuadona (09321038)

 

Bencana alam, kecelakaan dan meninggal dunia sudah merupakan rahasia alam yang tidak diketahui kapan datangnya. Manusia hanya bisa mempersiapkan secara matang bagaimana cara menghadapinya di masa mendatang. Kerugian secara secara finansial tentu tidak dapat dihindari manakala bencana alam dan kecelakaan datang untuk menghindari kerugian yang lebih besar manusia dapat merencanakan dana finansial cadangan dengan menabung sedini mungkin.

Kehidupan adalah sesuatu yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya banyak hal-hal di luar rencana yang tidak kita harapkan dapat menimpa kita. Kebutuhan akan pendidikan, sandang-pangan, kesehatan tentulah merupakan pengeluaran wajib bagi setiap keluarga ditambah pula kebutuhan hidup kian hari kian meningkat. Perlu perencanaan matang untuk kelangsungan finansial yang baik bagi sebuah keluarga.

Tingginya mobilitas kehidupan manusia modern berujung padagayahidupnya sehari-hari. Tabungan di bank tidak lagi menjadi sebuah simpanan yang bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Terkadang ketika dalam kondisi mendesak tabungan di bank belum dapat memenuhi kebutuhan secara maksimal. Sehingga banyak orang mengganti cara berinvestasi mereka dari menabung menjadi membeli saham atau emas batangan. Sayangnya jika inflansi sedang turun maka harga saham bisa merosot tajam.

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar asuransi tapi taukah apa itu asuransi?

dengan asuransi kita bisa mengalihkan kerugian ke perusahaan asuransi sebagai penanggung premi asuransi. Dana yang ditabungkan di rekening khsusus ini sewaktu-waktu bisa digunakan dalam keadaan mendesak. Selain itu asuransi juga berfungsi sebagai konsultan keuangan kita, tidak hanya menjadikan diri kita lebih disiplin menabung karena kewajiban membayar premi. Namun juga memberikan kepastian dana di masa-masa mendatang.

Pada dasarnya manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung untuk dana masa depan, dana pendidikan, dana pension maupun kebutuhan mendesak lainnya. Umur panjang bukan menjadi alasan kita untuk menjadi tenang. Kerugian bukan saja untuk orang yang meninggal pada usia produktif tetapi seseorang yang berumur panjang juga sangat beresiko tinggi. Usia sudah tidak lagi muda dan tentunya tidak produktif lagi jadi darimana kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, dana pensiun adalah jawabannya.

Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah dipercaya dengan baik dan transparan dalam pengelolaan keungannya dan juga produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Beberapa asuransi memberikan masa pembayaran premi yang bisa dicicil perbulan maupun pertiga bulan. Hal ini tentunya sangat membantu nasabah dalam pembayaran masa premi asuransi.  Selain itu sebagai coustomer harus jeli ketika membeli produk asuransi dan tentunya pahami betul syarat apa yang harus dipenuhi untuk mencairkan dana klaim asuransi. Jika kita tak jeli ketika menandatangani polis asuransi bisa-bisa dana klaim justru tidak cair karena faktor human eror tentunya hal ini sangat tidak diinginkan. Jadi perhatikan dan amati apa saja syarat yang diberlakukan dalam perjanjian asuransi tersebut.

Sayangnya di Indonesia sendiri asuransi tidak begitu populer seperti di negara tetangga kitaMalaysiadan Singapura. Padahal manfaatnya jelas terasa, pemerintah kurang memerhatikan kesenjangan hidup rakyatnya. Jika saja pemerintah mau sedikit fokus melihat peluang ini tidak hanya kesenjangan dan kebutuhan hidup rakyatnya yang terjamin negarapun juga diuntungkan dengan adanya bisnis ini dan tentunya peluang besar bagi warganya untuk berkesempatan bekerja menjadi marketing asuransi.

Baru sekitar 5%-6% dari  total jumlah penduduk Indonesia yang berkisar antara 235 juta-240 juta jiwa tercover asuransi jiwa (Hisar Hasibuan, Baru 6% penduduk Indonesia miliki polis. http://www.medanbisnisdaily.com. Diakses tanggal 10 April 2012) masih banyak peluang dan tentunya tantangan bagi perusahaan asuransi diIndonesia untuk menjual jasa asuransi kepada masyarakat di Indonesia.

Dengan menggunakan asuransi kita mengalihkan kerugian dari tertanggung ke pihak penanggung. Sehingga dana lain bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti berlibur. Selain menyenangkan tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan untuk menghadapi gejolak politik atau ekonomi di masa mendatang karena setidaknya kita memiliki tabungan dan kualitas hidup menjadi lebih baik. Secara langsung dengan berasuransi kita diajarkan menjadi kaya mampu bersikap disiplin dan memantau perkembangan di masa yang akan datang. Mari kita berasuransi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: