Dance = Fantastic Body

7 May

Ira Pratica Dewi. S. (09321019)

 

 

“Dance… I Wanna Dan Dan Dan Dan Dance… Fantastic Baby…

Dance… I Wanna Dan Dan Dan Dan Dance… Wow, Fantastic Baby…

Boomshakalaka Boomshakalaka Boomshakalaka… Dan Dan Dan Dan Dance…”

 

Lagu Fantastic Baby milik Big Bang ini memang membuat orang yang mendengarnya menjadi semangat. Musik yang enerjik ditambah lirik yang mengajak kita untuk menggerakkan tubuh memang sangat cocok untuk dijadikan lagu pengiring dance. Dance? Apa itu dance? Pentingkah kita melakukannya? Apa keuntungannya?

Dance dalam bahasa Indonesia berarti tari. Tari sendiri merupakan bentuk gerak tubuh yang mencerminkan ekspresi jiwa seseorang yang biasanya diiringi alunan musik yang sesuai dengan tema. Tidak hanya sebagai hiburan dan pelepas stres, tapi tari juga merupakan alat komunikasi bagi seseorang karena orang tersebut akan menyampaikan pesannya melalui gerakan tubuh. Apabila kita sedang sedih, maka tariannya akan lebih lambat dan dengan ekspresi wajah yang sedih juga. Lain lagi jika kita sedang gembira, tarian yang dilakukan lebih cepat dan raut muka yang senang atau gembira. Setiap tarian mempunyai arti sendiri dan berbeda satu dengan yang lain.

Selain sebagai sarana mengekpresikan diri, tari juga dianggap sebagai olahraga untuk sebagian orang. Apabila kita pelajari lebih lanjut, ternyata tari dapat dijadikan olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Jenis tarian yang dapat membantu tubuh menurunkan kalori dan lemak, yaitu salsa, hip hop, samba, belly dance, dan juga shuffle dance. Banyak orang yang menarikan jenis tersebut, tapi mereka terkadang tidak sadar lemak dan kalori mereka juga mengurang. Memang sebagian orang melakukannya hanya untuk hiburan atau menyalurkan bakat, tapi tidak sedikit juga orang yang melakukannya sebagai alternatif menurunkan kadar lemak dan kalori ditubuhnya. Beberapa artis pun juga melakukan penurunan badan dengan menari, seperti Jennifer Lopez, Beyonce, Christina Aguilera, dan Kelly Osbourne.

Dalam situs www.bogorsportclub.com disebutkan kalau salsa dan samba bisa mengurangi kandungan kalori dalam tubuh kita. Bagaimana? Salsa, tarian yang berasal dari budaya Kuba dan Puerto Rico ini akan sangat membantu membentuk betis, paha depan, dan belakang menjadi lebih kencang. Ternyata apabila melakukan latihan salsa ini hanya dalam satu jam, itu sama saja kita sudah membuang 400-410 kalori dalam tubuh. Sedangkan samba yang berasal dari Brazil ini, manfaatnya sama dengan salsa dalam membentuk kaki indah kita. Dalam satu jam latihan dengan menggerakkan perut dan pinggul dengan ritme samba yang cepat, kita membuang 432 kalori.

Tarian dari Timur Tengah yang beberapa waktu menjadi trend di Indonesia, belly dance atau tari perut, ternyata mempunyai banyak manfaat bagi perempuan dan tentu saja tubuh. Tari perut ini sangat cocok dilakukan bagi perempuan yang ingin menurunkan berat badan, sekaligus memiliki pinggul yang seksi. Tidak hanya itu, jenis tarian ini bisa membantu dalam proses melahirkan. Setiap kita menari perut, maka kita secara otomatis menggerakkan otot-otot perut secara berirama. Hal ini mengakibatkan otot perut akan bergerak dan dapat menyesuaikan dengan perut kita selama menari. Dengan otot perut seperti itu, bayi akan mudah keluar nantinya dan proses melahirkan akan lancar. Seperti yang dikatakan seorang penari perut profesional dan pengajar di The Jewels of the Nile dance studio di Johannesburg, Charlotte Blignaut di Health24 yang dikutip detikhealth.com, tari perut ini selain bagus untuk tubuh, juga bagus untuk pikiran. Leher dan otot punggung akan tegang ketika kita stress, tapi dengan menari perut ini kita bisa bisa menjadi rileks dan mengendurkan semua otot yang tegang. Lihat saja artis Shakira dan Pinkan Mambo yang mempunyai tubuh indah dengan belly dance.

Tarian yang baru menjadi trend di Indonesia saat ini adalah hip hop dance yang sering dibawakan boyband atau girlband Korea Selatan dan juga shuffle dance yang menggunakan kekuatan kaki. Hip hop dance yang sekarang lebih sering kita lihat di televisi ini sebenarnya mempunyai manfaat bagi kita seperti yang ada di lifestyle.kompasiana.com. Seperti tarian yang lain, hip hop juga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, tarian ini dapat menghilangkan stress dan menjadikan kita awet muda. Ketika kita menari dan menggerakkan semua anggota tubuh kita, keringat akan keluar dan akan meningkatkan zat kimia di otak yang akan membuat orang tersebut merasa bahagia. Hip hop ini bisa kita jadikan alternatif penangkal penyakit di tubuh kita. Jika kita rutin melakukan hip hop dance ini, maka tubuh kita akan banyak memproduksi hormon yang meningkatkan kekebalan tubuh. Contoh artis yang berhasil menurunkan berat badannya dengan hip hop dance ini adalah Kim Hyun A yang merupakan anggota girlband Korea, 4minute.

Menurut planetpelajar.com, shuffle dance merupakan tarian yang pertama kali dikenalkan oleh sekelompok penari di Melbourne, Australia sekitar tahun 1980. Tarian ini mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 2011. Tarian yang mengandalkan kekuatan dan kecepatan kaki ini sangat bermanfaat bagi pernafasan. Shuffle dance juga akan menguatkan otot-otot jantung dan tentunya kaki. Dengan kita melakukan tarian selama 10 menit saja, itu sama seperti kita melakukan treadmill selama 30 menit.

Kita menari pada saat berpuasa juga ada manfaatnya. Dengan memilih tarian yang sifatnya ringan kita masih bisa mendapatkan manfaatnya. Manfaatnya seperti membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh kita bersamaan dengan terbuangnya lemak kita. Menari pada saat puasa juga dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Itu semua dapat kita rasakan manfaatnya, tetapi juga diimbangi dengan makanan dan pola hidup yang sehat. So, move your body to get fantastic body now.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: