Penawaran Jasa Eksekusi di Dunia Maya

9 Apr

Dira Elita (09321015)

 

Masyarakat Indonesia khususnya Bandung sempat dihebohkan dengan adanya situs yang menawarkan jasa pembunuh bayaran. Salah satu situs pembunuh bayaran hitmanindonesia.wordpress.com ini menawarkan jasa pembunuhan dan penculikan bayaran dan hanya melayani partner yang serius. Situs ini juga tidak main-main jika ada orang yang tidak serius dan menganggap main-main tawaran tersebut. Masih dalam persetujuan pembunuhan tersebut jika pemesan tidak serius maka pembuat situs ini akan terus mengejar pemesan yang main-main tersebut.

Untuk penculikan, harga yang mereka tawarkan lebih tinggi karena korban tersebut masih dalam keadaan hidup. Tidak hanya hitmanindonesia.wordpress.com, masih ada dua situs serupa yang terungkap ke media.Yaitu indobelati.Blogspot.com dan jasapembunuhbayaran.blogspot.com.

Tidak seperti situs sebelumnya, situs jasapembunuhbayaran.blogspot.com ini malah menceritakan tentang pengalamannya membunuh korban dan bagaimana si eksekutor melakukan tugasnya sebagai pembunuh bayaran. Seperti  pada tugas pertama, tentang bagaimana eksekutor menghabisi seorang laki-laki yang dicurigai sebagai selingkuhan istri kliennya tersebut dengan bayaran 5 juta rupiah. Lalu tugas kedua juga menceritakan bagaimana eksekutor menghabisi korbannya di salah satu Club malam di Banjarmasin.

Terlepas entah pengalaman yang ditulis dalam situsnya tersebut adalah bohong atau tidak. Tetapi adanya situs yang menawarkan jasa tersebut cukup meresahkan masyarakat. Bahkan dalam situs hitmanindonesia.wordpress.com ini, postingan tentang persetujuan pembunuhan sudah ada sejak tahun 2008 lalu dan masih aktif hingga saat ini. Artinya praktek pembunuh bayaran ini sudah ada sejak empat tahun lalu dan baru diketahui awal maret 2012.  Jika memang benar situs ini sudah ada dan eksis sejak 2008 lalu, kemungkinan sudah banyak orang-orang yang dieksekusi atas permintaan klien-klien situs tersebut.

Tetapi anehnya mengapa situs ini menawarkan jasa tersebut secara terang-terangan di blog yang bisa dilihat dan diakses oleh semua orang. Bukankah seharusnya bisnis eksekusi ini tidak diiklankan secara terang-terangan di publik apalagi di blog. Selain terlalu menarik perhatian masyarakat, menawarkan jasa eksekusi secara terang-terangan di internet bisa menimbulkan kecurigaan. Kecurigaan bisa muncul karena biasanya situs-situs yang menawarkan hal-hal yang melanggar hukum dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan tidak terang-terangan seperti dalam tiga situs pembunuh bayaran tersebut. Contohnya saja seperti penawaran jasa pelacuran yang ada di koran-koran, biasanya mereka menawarkan dengan kedok panti pijat. Inilah yang meragukan kebenaran dari situs pembunuh bayaran tersebut karena informasinya yang terlalu terbuka dan terang-terangan.  Masih ada cara lain dalam menawarkan bisnis mereka tanpa harus menggunakan internet, karena internet terlalu menarik perhatian masyarakat. Menjalin banyak relasi dengan orang-orang tertentu dan dilakukan secara sembunyi-sembunyi menurut saya lebih baik daripada harus mengiklankan di internet. Karena selain tidak menarik perhatian, identitas eksekutor mungkin bisa lebih terjamin.

Adanya situs pembunuh bayaran ini berkaitan dengan mudahnya mendapat senjata api ilegal di Indonesia. Sekarang ini mencari orang atau bengkel yang mampu merakit senjata api beserta pelurunya tersebut bukan hal yang sulit. Menurut data Perbakin, peredaran senjata api ilegal ini berasal dari daerah konflik seperti Aceh, Papua dan Maluku. Lalu penjualan senjata api illegal antarnegara juga masih belum bisa dicegah dan masih dengan mudah masuk ke Indonesia. Bahkan penjualan senjata api ini dapat dengan mudah ditemukan melalui internet. Seperti yang ada pada situs iklantopgratis.com yang dalam salah satu iklannya menawarkan secara terang-terangan pistol bukan legal dengan peluru tajam berdiameter 9 milimeter.

Suburnya penjualan senjata api ilegal inilah yang mengakibatkan para eksekutor tidak kesulitan mendapatkan senjata untuk menjalankan perintah klien. Apalagi hanya perlu mengeluarkan uang tanpa melalui surat ijin ataupun tes khusus. Padahal untuk mendapatkan ijin mengunakan senjata secara legal sangat susah. Di Persatuan Menembak dan Berburu DKI Jakarta atau Perbakin, untuk mendapatkan izin menggunakan pistol atau senjata api sangat susah karena harus melalui izin dari Mabes Polri dan melalui proses seleksi hingga empat tahapan. Oleh karena itu kepemilikan senjata api ini seharusnya hanya orang-orang terlatih yang sudah mendapat surat izin dari kepolisian. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada orang-orang tertentu yang memang sudah mengantongi izin resmi kepemilikan senjata yang memanfaatkan keahliannya untuk bisnis senjata api illegal.

Internet yang saat ini merupakan media komunikasi tercepat dan tanpa batas serta mudah digunakan kapan saja sering dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan. Karena banyaknya pengguna internet, pastinya barang-barang yang dipromosikan akan lebih banyak dilihat orang daripada dipromosikan melalui toko. Inilah agaknya yang juga menjadi salah satu perhitungan oleh penyedia jasa pembunuh bayaran. Mereka mungkin memperkirakan jika mengiklankan melalui internet akan mudah dilihat orang dan mudah pula mendapatkan klien. Padahal menawarkan jasa dengan menghilangkan nyawa orang lain ini termasuk tindakan kriminal, walaupun hal tersebut dilakukan hanya karena iseng semata.

Tindakan kriminal yang dilakukan melalui penawaran jasa pembunuh bayaran ini memang patut menjadi perhatian kepolisian. Pasalnya bagaimana mungkin hal semacam ini luput dari perhatian polisi, apalagi blog ini sudah lama aktif yaitu sekitar empat tahun lalu. Ini bisa menandakan kurangnya kontrol dari kepolisian dalam menangani kasus-kasus cyber crime yang marak terjadi di dunia maya. Kepolisian seperti kurang tanggap dalam menangani kasus yang berhubungan dengan dunia maya. Terbukti polisi baru bergerak ketika ada keluhan atau laporan dari masyarakat terkait tentang adanya situs pembunuh bayaran tersebut. Padahal Polda Metro Jaya sudah mempunyai bagian khusus yang menangani kejahatan dunia maya yaitu Sub Direktorat CyberCrime. Seharusnya dengan adanya bagian khusus yang menangani kasus tersebut, polisi sudah bisa melacak dan mengetahui lebih dulu situs tersebut tanpa diketahui lebih dulu oleh masyarakat. Hal ini untuk mencegah keresahan dan kekhawatiran masyarakat dan juga untuk meningkatkan rasa kepercayaan mereka kepada kepolisian yang memang saat ini agak luntur.

Adanya situs aneh semacam ini agaknya menjadi sentilan bagi Pihak Kepolisian untuk lebih waspada dan serius dalam mengawasi kasus-kasus CyberCrime di dunia maya. Karena bebasnya akses yang dapat dilakukan di dunia maya menyebabkan para pengguna bisa dengan mudah mendapatkan segala macam bentuk informasi. Informasi yang ada di dunia maya tidak melulu bermanfaat, banyak juga yang menyesatkan. Disinilah peran penting Pihak Kepolisian khususnya Sub Direktort CyberCrime untuk mengontrol informasi serta situs-situs yang meresahkan. tanpa adanya campur tangan pihak kepolisian dalam mengawasi dunia maya, maka bukan tidak mungkin jika situs-situs sejenis akan muncul kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: