Berpendidikan Mensukseskan Informasi

9 Apr

Farah Fuadona (09321038)

 

Globalisasi tidak mungkin dihindari. Perkembangannya dari hari ke hari semakin meningkat. Penggunaan media komunikasi sudah menjadi keharusan umum bagi masyarakat modern saat ini. Hampir semua kegiatan disiarkan melalui media komunikasi. Informasi semakin beragam dan semua dapat diakses dengan begitu mudahnya. Salah satu dampak dari globalisasi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan ditemukannya internet pada tahun 80-an. Dunia baru seolah-olah muncul di tengah pertumbuhan masyarakat. Tidak ada lagi sekat yang membatasi informasi. Semua dapat dinikmati dan diakses dengan biaya dan waktu yang sehemat mungkin. Keterbatasan informasi yang dahulu pernah dialami umat manusia kini sudah dapat teratasi. Jarak, ruang dan waktu bukan lagi menjadi masalah.

Era digital memudahkan manusia dalam mengakses apa saja yang mereka inginkan informasinya pun semakin beragam. Tidak lagi kaku dan di tutup-nutupi, justru kadang terlalu vulgar. Hal seperti inilah yang menarik, sebuah demokrasi kepada masyarakat untuk bersuara. Bagi masyarakat modern bersuara selain merupakan hak jawab mereka juga sebagai eksistensinya di tengah masyarakat.

Ada yang positif ada pula yang negatif dengan banyaknya informasi diberikan tanpa sekat. Masyarakat awam yang berpendidikan rendah akan makin celaka. Mereka hanya dapat menerima tanpa mengolah informasi terlebih dahulu. Lebih celakanya masyarakat dengan pendidikan rendah lebih banyak di negeri ini, jika media dan pemerintah tidak mengatasinya secara bijak maka negara pula yang akan dirugikan oleh orang-orang yang memilki kepentingan untuk mengambil alih opini publik.

Pemerintah harus lebih berpikir serius dalam memberi fasilitas yang memadai bagi pendidikan warganya. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan terhadap daerah-daerah pelosok di Indonesia mengakibatkan tidak meratanya arus informasi. Masyarakat daerah-daerah pelosok lebih mengikuti apa yang dikatakan dan dipercaya tetuah adatnya sehingga mereka menjadi tidak mandiri karena mereka tidak pernah mau beraspirasi. Padahal belum tentu tetuah adatnya benar, bisa jadi ada golongan tertentu yang mendekati tetuah mereka dan menanamkan kepentingan mereka melalui orang yang dihormati di desa mereka.

Embel-embel demokrasi dan kebebasan berpendapat harus dipahami betul maknanya. Bisa jadi bukan semua rakyat Indonesia yang merasakannya justru orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasinya. Kebebasan berpendapat itu tidak bisa disembarang tempat. Celaka juga kita nanti jika semua orang bisa berbicara seenak hati tak ada lagi rasa hormat dan patuh terhadap orang lain. Seperti pada rapat kenaikan BBM bulan maret lalu, seperti itulah contoh kebebasan berpendapat yang tidak pada tempatnya. Bukan menjadi selesai perkaranya justru menambah perkara baru.

Semua ilmu pengetahuan adalah alat ukur bagi manusia untuk memanfaatkan dengan bijak apa yang sudah diberikan. Manfaatkanlah dengan benar globalisasi, ilmu pengetahuan bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara kita. Globalisasi bukan saja untuk negara kita dengan negara lain justru dengan ada globalisasi ini kita semakin paham dan mengenal negeri kita sendiri. Mengetahui secara mendalam akar masalahnya dan mengatasi permasalahnnya.

Dengan ilmu pengetahuan bisa mendidik masyarakat untuk menjadi peka terhadap kondisi di lingkungannya. Dengan adanya ilmu maka tidak akan ada lagi rasa dendam, dengki atau membodoh-bodohi orang lain karena ilmu telah mengangkat harkat martabat seseorang. Maka pemerintah sudah selayaknya fokus dan memperhatikan pendidikan warganya agar negeri ini menjadi makmur sentosa dan dielu-elukan bangsa lain seperti pada zaman Majapahit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: