Kreatif Yes! Plagiat No!

19 Mar

Ika Oktiana (09321097)

 

Menulis adalah suatu kegiatan menuangkan ide–ide yang muncul dalam pikiran kita dan menjadikan semua itu dalam sebuah tulisan sehingga terciptalah suatu karya yang bisa dinikmati oleh pembacanya. Sedangkan penulisan kreatif yaitu sebuah tulisan yang tanpa menjiplak karya orang lain dan benar–benar hasil dari pikiran atau ide orang yang menulis sehingga murni hasil karya penulis.

Penulisan kreatif harus banyak dipelajari agar suatu tulisan tersebut mempunyai bobot dan makna yang bisa mempengaruhi pembacanya dan ketika seseorang membaca terdapat persuasif di dalam makna isinya. Kreatif itu berdiri sendiri mandiri dan tidak menjiplak atau meniru sehingga jika di dalam tulisan tersebut terdapat jiplakan itu tetap saja bukan tulisan kreatif. Dalam penulisan kreatif tersebut harus murni karya pribadi yang ide–idenya mutlak dari pemikiran sendiri.

Penulisan kreatif itu perlu agar menjadikan seseorang itu kreatif dan tidak membiasakan diri untuk menjiplak karya orang lain dan benar–benar murni tulisan sendiri. Menulis novel, menulis naskah, skenario dan mengerjakan segala sesuatu yang berbau dengan tulisan itu dianjurkan agar membuat dengan murni tanpa meniru karya orang lain karena dengan meniru akan mempengaruhi citra sang penulis.

Kreatif itu menuangkan ide–ide atau gagasan dengan otak sendiri tanpa campur tangan atau meniru karya orang lain. Penulisan dengan menulis tulisan yang bisa dijadikan inspirasi banyak orang dengan menghasilkan suatu karya yang baik. Sehingga penulisan kreatif itu dapat berkembang sesuai dengan ide–ide yang tertuang dalam otak. Penulisan kreatif harus dikembangkan dengan baik agar mencapai hasil yang maksimal.

Di Indonesia, di media khususnya banyak sekali penulisan–penulisan kreatif seperti novel–novel yang ditulis oleh penulis mempunyai karakter yang tetap dan diketahui banyak orang, sehingga terciptalah suatu tulisan yang tidak menjiplak karya orang lain. Plagiat sebenarnya tindakan kejahatan dalam penulisan karena karya – karya yang ada dijiplak sama persis dengan yang akan ditulis. Plagiat juga merugikan bagi yang mempunyai karya karena dengan plagiat karya kita tidak murni sedangkan plagiatornya itu sendiri merugikan penulis aslinya.

Menulis naskah atau skenario juga memerlukan kreativitas dalam menulis agar isi yang ada di dalamnya tidak monoton dan mampu menciptakan karya yang bagus yang dapat dinikmati oleh khalayak. Penulisan kreatif juga dikembangkan dengan belajar sehingga mampu menjadi suatu tulisan yang semakin lama semakin bagus dan layak untuk diterbitkan. Ketika menulis, dilarang keras menjiplak maupun meniru karena jika kita melakukan suatu kegiatan plagiat dan ketika itu banyak orang yang tahu, maka awal dari situlah karya kita tidak dipercaya oleh orang karena tindakan plagiat yang merugikan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: