Penulisan Kreatif

18 Mar

Faiz Syauqy (09321062)

 

Ketika kita berbicara tentang tulisan kreatif, maka yang tersirat dalam benak kita adalah sebuah tulisan yang berbeda dari biasanya, kemudian pasti ada unsur kreativitas dalam penulisannya. Untuk itu mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dinamakan kreatif. Kreatif adalah berusaha untuk membuat sesuatu yang baru atau karya yang berbeda. Misalnya ketika seseorang mengkreasikan sepatu dengan menambahkan motif-motif gambar dan lukisan.

Mengkreasi sesuatu adalah kata kunci dari apa yang disebut dengan kreatif, dengan kata lain, untuk menjadi kreatif, kita harus mengkreasi sesuatu yang sudah ada dengan semenarik dan seindah mungkin daripada sebelumnya. Karena, akhiran if di pada kata kreatif menunjukkan sifat yang mengandung sebuah “kreasi” di dalamnya.

Tidak harus selalu ada unsur ke-baru-an di dalam sebuah kreativitas. Kreatif memerlukan sentuhan seni yang membuat karya kita mengandung unsur kreatif.

Namun diperlukan kejelian untuk menjadi orang yang kreatif. Kita harus mampu melihat peluang yang tidak banyak diperhatikan oleh orang lain. Bahkan hal remeh yang sering dianggap sampah. Karena dari hal remeh tersebutlah nilai kreativitas itu muncul.

Setelah kita berpanjang lebar berbicara tentang apa itu kreatif, mari sekarang kita bahas apabila kata kreatif digabungkan dengan kata penulisan. Secara makna, pasti kita sudah bisa menerka bahwa yang dimaksud adalah tulisan yang mengandung unsur kreasi di dalam penulisannya, sebagaimana prinsip akhiran if yang sudah kita bicarakan di awal.

Lalu, pasti akan timbul pertanyaan bagaimana kita memberikan unsur kreatif pada tulisan? Mari kita analogikan dengan industri kreatif agar kita mudah menangkapnya. Sepatu lukis yang sempat ngetrend dalam dunia industri kreatif sebenarnya tidak berbeda dengan sepatu-sepatu pada umumnya. Namun ide untuk menambahkan lukiskan motif dan gambar di sepatu itulah yang menjadikan nilai kreativitas.

Sama halnya dengan tulisan kreatif, pada umumnya tulisan kreatif hampir sama dengan tulisan-tulisan lain baik opini, cerpen, maupun tulisan sastra. Namun yang membedakan adalah kreasi yang dilakukan si Penulis ketika ia menulis sesuatu, entah mengkreasikan kata-kata atau berkreasi dengan alur penulisan. Bahkan mungkin si Penulis berkreasi dengan tema yang akan diangkat.

Tulisan kreatif pada umumnya lebih santai dalam gaya penulisan, tidak terkesan kaku, dan pembaca seperti sedang diajak berbicara oleh penulis. Konten yang ditulis pun cenderung tentang hal-hal kehidupan di sekitar kita, misalnya feature tentang seorang pemulung yang mempunyai anak bergelar Doktor, atau tulisan deskriptif tentang pemandangan indah yang terletak di dataran tinggi Temanggung, atau yang lainnya.

Terakhir, untuk menjadi seorang Penulis Kreatif kita harus jeli melihat tema atau persoalan yang tidak diperhatikan oleh penulis. Banyak tema tentang kehidupan sosial yang ada di sekitar atau tentang kisah-kisah yang mampu menginspirasi pembaca. Kemudian kita menuliskan tema tersebut dengan kreasi sentuhan sastra atau bahasa dan alur tulisan yang santai. Itulah yang menjadikan tulisan kita berbeda dan tidak monoton.

Improvisasi menjadi penting dalam penulisan kreatif, dengan improvisasi dalam kata-kata, gaya tulisan, gaya bahasa, dan skema penulisan, tulisan akan mempunyai warna atau rasa yang berbeda dibanding tulisan pada umumnya.

Tidak harus terpaku dengan mekanisme penulisan yang kaku dan sistematis. Kita menulis layaknya kita sedang bercerita dengan kawan. Santai, penuh keakraban, dan tidak membosankan, dan yang lebih penting adalah bagaimana kita menulis agar kiranya pembaca tidak terkesan seperti digurui oleh kita.

Intinya, membuat tulisan kita menjadi semenarik mungkin. Misalnya memulai tulisan dengan pertanyaan atau permasalahan sehingga pembaca akan tertarik untuk mengikuti sampai akhir. Atau mengajak pembaca untuk larut dalam suasana emosional yang kita bangun dalam tulisan feature dengan bahasa sastra.

Maka dengan ide-ide segar, sentuhan kreasi  yang sarat seni, dan improvisasi akan membuat tulisan kita menjadi beda, dan kita adalah penulis kreatif!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: