Kreatif Itu Unik

18 Mar

Dwi Khairiyah Daud (09321034)

 

Kreatif merupakan bentuk ekspresi yang diekspos dalam suatu bidang. Terkadang kreatif dapat diartikan melakukan sesuatu yang lebih dari standar yang ada. Dalam bidang tulis-menulis, tulisan yang kreatif sangat berguna untuk dapat menarik minat baca seseorang. Bagaimana sih, tulisan kreatif itu? Tulisan kreatif yaitu tulisan yang memaparkan suatu hal, secara beruntut dengan bahasa yang menarik. Tujuannya tidak lain yaitu, agar pembaca tidak merasa bosan untuk terus membaca hingga akhir tulisan.

Untuk mendeskripsikan tulisan yang kreatif, sama halnya menjelaskan tulisan yang paling digemari individu untuk dibaca. Mengapa komik, novel, cerpen, puisi, atau bahkan prosa, lebih digemari banyak orang atau masuk kepada semua golongan umur, dibanding buku-buku pelajaran. Padahal dari segi manfaat buku pelajaran lebih membawa manfaat, bertambahnya pengetahuan. Tetapi pada kenyataannya seseorang lebih cenderung memilih membaca novel jika disuruh memilih antara buku pelajaran atau novel. Kedua jenis bacaan ini menggunakan bahasa yang berbeda, novel menggunakan bahasa populer, sedangkan buku pelajaran menggunakan bahasa sesuai bidang materi pembelajarannya yang cenderung baku dan kaku.

Adapun jenis tulisan kreatif banyak di temukan dalam tulisan puisi, karya sastra, novel, maupun cerpen. Sedangkan tulisan-tulisan ilmiah lebih sering menggunakan bahasa baku dan kaku, jadi untuk golongan ini hanya golongan tertentu yang menilai bahwa karya ilmiah merupakan tulisan kreatif, karena hanya golongan tertentu yang dapat mengerti isi dari karya ilmiah tersebut. Apabila dibandingkan dengan karya novel yang cenderung mudah dimengerti dari semua golongan, maka novel merupakan kandidat kuat untuk dijadikan “Si Tulisan Kreatif”.

Di balik tulisan kreatif terdapat seorang penulis yang kreatif, yang menciptakan tulisan yang menarik. Apabila terdapat tokoh dalam tulisan si penulis, maka penulis dapat menjabarkan dan memainkan peran tokoh dengan baik. Artinya penulis mampu mendalami tokoh dalam tulisannya. Selain itu, tulisan yang tergolong kreatif yaitu cenderung mudah dicerna dan tidak berbau menggurui kepada pembaca, yang dapat membuat bosan, dan keputusan akhirnya yaitu meninggalkan bacaan tersebut.

Penulis novel yang kreatif di Indonesia salah satunya ialah Ari Nur, penulis novel Diorama Sepasang Albana dan Dilatasi Memori ini, berhasil merayu pembaca yang pada awalnya menolak untuk membaca karyanya. Kekuatan dari 2 karya novelnya yang bernafaskan Islam ini, menggunakan bahasa yang mudah untuk dicerna alur ceritanya, dan juga ide ceritanya pun menarik. Walaupun bernafaskan Islam, Ari Nur tidak menyampaikannya dengan bahasa menggurui seperti bahasa ustad-ustad yang sering ceramah di musholla. Tetapi bahasa yang digunakan tergolong ringan, yaitu bahasa sehari-hari, walaupun begitu Ari Nur tidak lupa terhadap pesan-pesan Islam yang dibawa, dan dia sangat mampu memainkan peran tokoh-tokoh di dalamnya. Inilah kekuatan tulisan kreatif.

Ari Nur tergolong salah satu penulis Indonesia yang hebat, dikarenakan mampu memasuki unsur psikis tokohnya, seakan-akan dialah pelaku sebenarnya, sehingga para pembaca merasa terhanyut dan ikut mendalami tokoh yang dibuat Ari Nur. Hal ini merupakan kekuatan yang besar untuk menjadikan tulisan itu menjadi kreatif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: