Kreatif, Apa ya?

18 Mar

M. Iman Ramadhan (09321110)

Berbeda dan Merdeka 100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Mulai dari mana, ketika diberi pertanyaan kreatif menurut kamu sendiri apa sih?”

“Hmm..”

“Apa ya?”

Sepertinya menjawab pertanyaan gampang-gampang susah ini tak perlu kita pergi bertapa dahulu di gunung ataupun tempat-tempat sakral. Sepintas ketika dipertanyakan tentang kreatif yang terjawab hanyalah menciptakan sesuatu yang baru di luar dari yang umum. But, sepertinya terlalu kaku kalau menjawab pertanyaan itu dengan definisi yang sudah dipastikan tidak ada ujungnya. Maka saya pun bereksperimen dengan ruang kamar saya yang antah berantah seperti kapal pecah, dan ada hiasan gagasan tentang “Berbeda dan Merdeka 100%”.

“cling” begitulah efek sound jika dalam film komedi atau kartun jenaka. Ya.. “Kreatif adalah Berbeda dan Merdeka 100%”. Memberanikan diri untuk selalu berbeda antara ke-umuman dan ke-kinian dan itu membuat kita menjadi merdeka seratus persen. Ulasan tentang kreatif menurut saya sih gak sampai disini saja. Bagi saya kata kreatif sangat luas pengertiannya, banyak orang yang mempersepsikan kreatif itu dengan berbagai pandangan, oleh karena itu saya bilang ‘Berbeda’. Gagasan tentang pluralisme juga saya masukan dalam pengertian kreatif di dalamnya, dengan menghargai pandangan yang berbeda mengenai persepsi kreatif, orang-orang nampaknya akan terus menciptakan ruang-ruang kosong dengan cara yang berbeda pula.

Di atas gambar itu terdapat juga menara yang amat-sangat terkenal yaitu ‘Menara Eifel’. Saya pernah bermimpi untuk pergi ke menara itu, mendengar cerita serta fenonema yang ada di menara itu membuat saya terus mencari cara bagaimana untuk pergi ke sana. Ups… tadi itu hanya intermezo, kita kembali lagi ke pembahasan tentang kreatif. Ada hubungan juga tentang menara itu dengan pengertian kreatif, bagi saya kreatif itu ibarat ‘Menara Eifel’ yang berdiri paling tinggi diantara gedung-gedung di kota Paris, ia menjadi sosok tempat paling dikagumi bagi sebagian orang di dunia. Menjadi kreatif adalah sesuatu yang sangat mulia, dan kreatif itu tak perlu mengharapkan eksistensi juga sih.

“Lalu bagaimana memunculkan kreatif itu?” kalau ada pertanyaan seperti ini, saya hanya bisa jawab “siapkan segelas kopi/teh/coklat dan sebatang rokok” maka kreatif ada. Hehe.. sedikit konyol sih, itu hanya kebiasaan saya ketika memunculkan ide kreatif itu, jadi kreatif itu sebenarnya tidak perlu kita cari, cukup kita temukan. Tentang ide kreatif yang dimunculkan sepertinya cukup kita membuat nyaman diri kita terhadap lingkungan sekitar dan melihat segala sesuatu dari berbagai sisi.

“Sesungguhnya kreatif itu berhubungan dengan keindahan dengan alam semesta ini” halah… opo kui man? Mendayu-mendayu dan sedikit filosofistik. Seringkali saya mendeskripsikan kreatif itu dengan rangakaian kata-kata. Oia, saya lupa dengan kreatif ibarat Merdeka 100%. Ya, bagi saya ketika orang itu sudah menemukan kreatif di dalam pikirannya maka kejujuran tentang ide itu akan menjadi kemerdekaan yang mutlak 100%. Terkadang orang kreatif itu tidak jujur mengungkapkan idenya, maka banyak hal kreatif yang muncul semakin basi.

Apa pendapat saya tentang penulisan kreatif? Saya kira penulisan kreatif itu bermula dengan belajar menggalaukan diri terlebih dahulu. Semuanya berhubungan dengan menulis-menulis dan menulis, lalu tinggal kita kaitkan saja dengan gagasan ‘Berbeda dan Merdeka 100%’ itu, maka isi tentang penulisan itu akan berdiri tegak sendiri dengan dua kaki. Persoalan personal dalam penulisan kreatif harus kita kembangkan, mulai dari; hoby, cita-cita, dan Ambisi. Jika ketiga elemen itu sudah ada di diri kita, tampaknya semua hal tentang personalitas dapat dituangkan dalam penulisan kreatif itu, yang bisa jadi menghasilkan karya seperti; novel, cerpen, resensi, atau sejenisnya.

Sepertinya cukup sudah celoteh saya perihal kreatif ini, saya tidak ingin menjadi lebih konyol. Semua tulisan perihal kreatif ini sepertinya sedikit agak konyol, sebaiknya apa yang ada ditulisan ini tidak ditanggapi dengan serius, karena semuanya belum pasti visible (mencoba jujur). Well, saya hanya bisa berharap tulisan ini sebagai hiburan dan pencerahan saja. Sekian.

Leave a Reply

