Kreatif? Gampang ‘Kok!

23 Feb

R.A. Hadwitia Dewi Pertiwi

Apa itu kreatif? Secara logika, sesuatu disebut kreatif apabila hal itu tergolong unik sekaligus menarik. Begitu pula dengan aktivitas menulis. Tulisan yang akan mendapat perhatian adalah  bentuk tulisan yang bagus, mulai dari segi idenya, susunan kalimat, tata bahasa, hingga hal-hal teknis lainnya.

Untuk itu diperlukan beberapa cara agar tulisan tersebut dapat dikatakan kreatif. Penulis blog yang terkenal dengan buku Kambing Jantan, Raditya Dika, mengungkapkan setidaknya ada tiga elemen yang dapat digunakan agar tulisan yang kita buat menjadi lebih baik.

Pertama, first sentences yang menarik. Umumnya pembaca mempunyai attention span yang rendah. Ketika mereka sudah tidak suka dengan kesan pertama dari suatu tulisan, maka mereka bisa dengan mudah meninggalkannya dan memilih untuk membaca yang lain. Inilah mengapa kita perlu first sentences yang dahsyat di dalam tulisan kita. Dalam dunia perbukuan dan menulis, semua buku yang baik memiliki first sentences yang engaging, sehingga pembaca pun bisa larut ke kalimat-kalimat selanjutnya sampai buku tersebut habis (Dika, 13 Juli 2009. Tiga Elemen Penulisan Kreatif dalam Blog. http://radityadika.com/?s=penulisan+kreatif. Diakses tanggal 10 Februari 2011). Buatlah rangkaian kata-kata yang tidak biasa, namun juga harus realistis dan sesuai dengan isi tulisan yang akan kita paparkan. Intinya kita mesti bisa konsisten dari awal sampai akhir dalam menyampaikan maksud tulisan kita itu.

Kedua, buatlah tulisan yang ekonomis. Robert McKee, seorang lecturer dalam bidang penulisan, pernah berkata, “90% of first drafts is shit” (Dika, 13 Juli 2009. Tiga Elemen Penulisan Kreatif dalam Blog. http://radityadika.com/?s=penulisan+kreatif. Diakses tanggal 10 Februari 2011). Itu artinya, draf tulisan pertama yang kita buat seringkali masih berantakan, baik dari segi bahasa, ejaan, maupun struktur tanda bacanya. Maka, teruslah periksa tulisan kita dengan teliti. Koreksi mana bagian yang salah dan perlu diperbaiki. Kita pun akan kerap menemukan banyak kalimat yang bertele-tele, atau pengulangan kata yang terlalu berlebihan. Hal ini penting untuk diubah menjadi lebih singkat dan padat, agar menjadi enak dibaca pada akhirnya. Sabarlah dalam menelaah kembali tulisan yang telah kita buat.

Ketiga, menemukan dan menggunakan gaya Anda sendiri. Tengoklah beberapa penulis handal, seperti Hilman Hariwijaya, Djenar Maesa Ayu, ataupun Gunawan Muhammad. Mereka memiliki gaya menulis masing-masing yang khas. Ibarat penyanyi yang memiliki karakter suara dan bermusiknya sendiri, penulis pun juga harus demikian. Caranya teramat sederhana, yakni dengan banyak membaca, menambah berbagai referensi baru, dan terus berlatih. Lama kelamaan kita juga akan menemukan dan menciptakan bentuk tulisan yang khas kita sendiri.

Selain itu, ada pula sebuah istilah yang bisa kita jadikan pedoman dalam menulis, yakni out of the box. Kita mesti berpikiran di luar pakem yang ada. Buatlah diri kita keluar dari zona nyaman dan berada selangkah di depan orang-orang kebanyakan. Kita pun senantiasa dituntut untuk berasumsi yang tidak biasa dari suatu hal. Misalnya ada satu kasus menghebohkan yang muncul mendadak di masyarakat. Kita tidak boleh larut begitu saja dengan pemberitaan yang ada. Kita harus berpikiran kritis, apa mungkin kasus tersebut sengaja dimunculkan untuk menutupi kasus sebelumnya yang ada, dan sebagainya.

Bahkan out of the box pun tidak cukup, karena kemudian muncul ungkapan lain, yaitu burn the box. Kita benar-benar wajib menghilangkan batasan yang menjadi pengekang pikiran dan perspektif kita. Kalau kita hanya menerapkan out of the box maka ada kemungkinan suatu saat kita akan kembali lagi pada pemikiran awal kita. Namun apabila kita benar-benar dapat menghilangkan sesuatu yang biasa itu, niscaya kita pun akan menjadi semakin kaya dan berkembang ke arah yang positif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: