Awal Mula Menulis Kreatif

23 Feb

M. Akbar Zia Ulhaq

Penulisan kreatif merupakan bagaimana cara seseorang melakukan peluang yang terdapat di dalam suatu pola pikir sehingga mampu membuat sebuah kerangka tulisan. Tulisan yang memiliki daya tarik tersendiri dan bahasa yang digunakan dalam penulisan enak untuk dilihat dan dibaca, sehingga tidak membuat para pembaca menjadi jenuh terhadap tulisan yang telah dibuat.

Dari apa yang telah saya alami setiap membuat suatu tulisan, sehingga menjadi penulisan kreatif, penulisan memilik 6 langkah agar menciptakan tulisan yang kreatif dan mampu dipahami pembaca. Pertama, penguasaan bahasa dan cara menulis. Seperti ketika kita dalam menggunakan bahasa yang harus standar dengan ketentuan yang ada, boleh diperindah dalam melakukan penulisan namun dalam konteks yang mampu dipahami oleh para pembaca, dengan cara menulis yang baik kita harus mampu menempatkan tulisan sesuai apa yang telah terjadi sehingga tulisan itu tidak bersifat lambat dan tidak membuat pembaca menjadi jenuh.

Kedua, menulis dengan materi. Mulailah menulis dengan materi yang diketahui dan disukai sehingga mampu membuat alur cerita didalam tulisan menjadi nyambung dan tidak berbelit-belit, sehingga mampu memadukan antara kerangka tulisan, dan mampu menghasilkan cara atau gaya penulisan menjadi tulisan kreatif yang subjektif.

Ketiga, tulisan dengan paragraf yang pendek. Usahakan dalam melakukan tulisan kreatif bahasa penulisan yang digunakan pendek dan langsung ke inti dari apa persoalan yang akan kita angkat. Keempat, kekuatan kata dalam tulisan. Hindarkan kata-kata yang boros dalam melakuan setiap kali penulisan, melakukan penulisan kreatif harus sesuai kaidah yang telah berlaku selama ini.

Kelima, hindari pemborosan kata. Jangan terlalu banyak mengulang-ulang kata yang telah kita tulis sehingga pembaca tidak jenuh. Yang terakhir yaitu manfaatkan gaya penulisan. Gunakan bahasa sendiri dan jangan pernah menggunakan bahasa atau gaya orang lain dalam melakukan penulisan sehingga tulisan kita mampu dikenal para pembaca dan menjadikan itu gaya bahasa dan ciri dari tulisan kita sendiri.

Kembangkan potensi menulis yang kita miliki sehingga mampu menciptakan sebuah tulisan yang kreatif sehingga tulisan itu mampu dikembangkan dan dimengerti oleh para pembaca.

Dari langkah-langkah yang telah dibuat diatas penulisan kratif itu merupakan sebuah inspirasi yang mampu timbul dalam sebuah refleks tertentu sehingga mampu menimbulkan ide-ide atau gagasan baru dalam pembuatan tulisan namun dalam kontens yang ada.

Dalam membuat sebuah penulisan kreatif banyak kendala yang dihadapi dari seorang penulis, kendala yang membuat tulisan ini menjadi sulit untuk dipahami arti dan makna bagi para pembaca.

Kecendurangan ini sering dirasakan, karena penulis dalam mengeja dan menggunakan imbuhan yang ada sering berlebih-lebihan sehingga tulisan terkesan lebih membosankan bagi para pembaca.

Seseorang yang baru belajar menulis kemalasan yang dirasakan sering timbul akibat kurangnya kepercayaan diri dalam membuat suatu tulisan, sehingga memperlamban kerja dan berita yang di sampaikan lebih cendrung telah didahuli oleh orang lain.

Tulisan di atas merupakan salah satu cara untuk berbagi cerita didalam pengerjaan sebuah cara melakukan penulisan kreatif sehingga mampu menyesuaikan dengan tulisan kreatif yang dahulu telah pernah dilakukan oleh orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: