Apa Itu Kreatif?

23 Feb

Anggi Septa Sebastian

Jika mendengar pertanyaan seperti itu, beberapa dari kita mungkin akan berputar-putar menjelaskan definisinya. Beberapa mungkin berhasil dengan penjelasannya yang panjang lebar, namun lainnya mungkin akan dengan ketus menjawab “cari saja di google”.

Saya?

Saya akan mencoba berhasil dengan penjelasan saya yang panjang lebar.

Kreatif… kreatif.. kreatif adalah..? Baiklah, kita mundur beberapa tahun silam. Ketika saya duduk di bangku SMA. Menurut buku Biologi kelas XI kreativitas adalah hasil dari aktivitas kerja otak kanan. Kreativitas tidak menuntut adanya logika (sesuatu yang sesuai nalar). Sebagai contoh jika ada soal seperti ini :

®

®                   ®

Hubungkan ketiga titik tersebut?

Beberapa orang akan langsung menghubungkan titik-titik tersebut sehingga membentuk segitiga. Namun dengan kreativitas titik-titik tersebut akan dihubungkan dengan garis melengkung sehingga membentuk lingkaran. (Anda mengerti maksud saya-kan?)

Oke, akan saya perjelas dengan gambar.

(gambar segitiga)

Kira-kira seperti itu. Berbeda dengan kreativitas mungkin gambar yang terbentuk menjadi seperti ini:

(gambar lingkaran), (dengan titik-titik seperti soal di dalamnya)

Atau mungkin dengan bentuk persegi atau yang lain.

Intinya kreativitas tidak terbelenggu oleh sesuatu yang sudah menjadi aturan atau pola. Ada ungkapan “out of the box” dalam aktivitas yang menuntut kreativitas, artinya kita harus keluar dari “kotak-kotak” yang membelenggu ide atau gagasan kita. “Kotak” atau batasan tersebut bisa berupa agama, aturan yang berlaku di masyarakat, norma-norma dan sebagainya. Bahkan kelas tempat kita belajar (tapi bukan berarti kita harus keluar dari kelas, hehe). Lebih ekstrim lagi, ada ungkapan yang mengatakan “burn the box”. Terbayangkan? Yaa.. kita harus ‘membakar’ kelas, (ups,!) kotak tersebut. Kita harus benar-benar menghilangkan kotak batasan tersebut agar bisa mengeksplorasi ide-ide kita. Bahkan sampai ide yang paling liar.

Tidak ada salah dan benar dalam kreativitas. Karena hasil dari kreativitas hanya bisa dirasakan, bukan dipikirkan. Kreativitas tidak menuntuk kita untuk benar-benar menciptakan hal baru, dari yang tidak ada kemudian menjadi ada. Bisa jadi sesuatu yang telah ada diubah sedemikian rupa sehingga menjadi lebih menarik. Sebagai contoh, grup band pendatang baru (terkadang band-band lama juga) membawakan lagu jadul yang nge-hit pada masanya yang kemudian mereka aransemen ulang. Hanya untuk menunjukkan betapa kreatifnya mereka. Tidak ada yang salah dari situ.

Saya juga sempat membaca blog seseorang yang juga membahas kreativitas. Menurutnya, kreatif itu Kere-Aktif. Maksudnya dengan segala keterbatasan kita tetap bisa aktif untuk menciptakan kemungkinan-kemungkinan yang menguntungkan. Menguntungkan bagi siapa saja. Keuntungan yang tidak hanya dipandang dari segi materi tapi juga dari segi yang lain. Misalnya rasa puas setelah menikmati hasil kreativitas tersebut.

Mengapa harus kreatif? Banyak keuntungan yang kita dapat dari kreativitas. Yang paling banyak dibahas mungkin dari segi materi. Misalnya dengan kreativitas produk kita lebih dilirik konsumen. Tapi lupakan itu, kita tidak sedang berbisnis bung! Lagi pula ini buka kelas kewirausahaan.

Kita bahas dari aspek komunikasi dan hubungan sosial-nya saja. Dengan kreativitas kemungkinan untuk mendapatkan teman baru semakin besar. Karena dengan kreativitas, proses komunikasi akan semakin lebih menarik. Dan masih banyak lagi contoh-contoh yang mungkin sudah pernah kita alami.

Baiklah, setelah penjelasan yang panjang dan sedikit melebar dari pembahasan, tiba saatnya untuk mengungkapkan apa definisi kreatif yang sebenarnya.

Kreatif itu adalah… eemmm…

Sesuatu yang lain daripada yang lain.. mungkin.. atau.. entahlah.

Kita gunakan saja kreativitas kita masing-masing untuk menentukan definisi kreativitas itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: