Membongkar Gurita Cikeas, Di Balik Skandal Bank Century

25 May

Tesa Herowana

Judul : Membongkar Gurita Cikeas, Di Balik Skandal Bank Century

Penulis : George Junus Aditjondro

Penerbit : Galang Press

Tahun : 2010

Pada akhir pergantian tahun 2009, buku karya George Junus Aditjondro adalah buku yang paling dicari oleh pembaca. Kenapa? Dari judulnya saja sudah membuat heboh dan membuat orang-orang penasaran,apalagi informasi yang ada di dalamnya juga membuat penasaran.

Banyak media elektronik dan cetak yang ikut berperan dalam hal pengangkatan tema mengenai keberadaan buku terbitan Galang Press ini dengan menggelar dialog mengenai semangat yang coba di sebarkan oleh George Junus Aditjondro. Sebenarnya ada banyak pihak yang mendukung George, namun tak sedikit pula yang mencacinya,tentu saja karena isi dari buku ini yang membicarakan hal hal negative seorang Presiden. Seperti yang telah di duga, suasana menjadi panas ketika ada buku yang diterbitkan untuk menandinginya.

Terlepas dari itu semua, buku Membongkar Gurita Cikeas ini telah membuat mata kita terbuka, apakah yang sebenarnya terjadi di balik kepemimpinan orang nomor satu di Indonesia ini. Apakah fakta-fakta yang di sajikan penulis benar adanya?apakah keraguan-keraguan yang penulis ungkapkan benar benar terjadi? Tetapi ada satu hal yang pasti, buku yang bergenre politik ini telah memunculkan perdebatan.

Dilihat dari fisik buku ini, cetakannya cukup bagus, huruf yang digunakan pun dapat terbaca dengan jelas, komposisi spasi serta jarak antar baris tidak membuat mata capek saat membaca. Hanya cover saja yang berwarna, sedangkan isi di dalamnya serba hitam putih walaupun ada beberapa foto keluarga atau orang orang yang terkait dengan Kepresidenan.

Untuktampilan keseluruhan buku inimemiliki kualitas yang cukup baik,dengan kover buku yang bergambar karikatur tiga ekor gurita,yang salah satunya dan terbesar diantara gurita-gurita yang lain tengah mengenakan mahkota yang pastinya memiliki sebuah arti yang berhubungan dengan isi tulisan yang ada di dalamnya.

Dengan tebal 184 halaman, buku ini di harapkan sang penulis agar dapat memberikan masukan kepada keluarga besar Cikeas yang notabene adalah keluarga Kepresidenan agar dapat menjalankan pemerintahan secara jujur, adil, dan bertanggung-jawab.

Untuk penilaian isi buku, memang tidak segarang judulnya. Informasinya juga belum cukup memuaskan karena tidak cukup detil. Tapi, tak mengapa. Karena buku ini adalah sebuah titik terang serta sebuah pembukaan untuk kita membuka mata ikut serta bergerak menuntaskan segala bentuk korupsi yang ada di negara kita.

Untuk selanjutnya, masyarakat yang punya hati nuranilah yang dapat menyelesaikan pekerjaan rumah yang berat ini demi terbentuknya pemerintahan yang bersih serta terpercaya dan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: