Hukum Perjanjian di Indonesia

25 May

Riki Choyrol Huda

Judul : Hukum Perjanjian di Indonesia

Penulis : Handri Raharjo,S.H

Ukuran : 14,9 cm x 20,4 cm

Penerbit : Pustaka Yustisia

Dalam negara kesatuan indonesia ini sangat dikenal dengan negara hukum. Buku ini sangat baik untuk referensi bagi kita sebagai warga negara, di mana kita hidup dengan adanya hukum dan aturan-aturan yang ada, dalam sebuah interaksi sosial ada perjanjian antara hak dan kewajiban, semua sudah diatur dalam hukum yang jelas dan menjadi sangat penting bagi bermsyarakat. Dalam buku Handri Raharjo,S.H yang berjudul hukum perjanjian di indonesia menjadi penting untuk di pahami dikarenakan kita bisa memahami segala aspek-aspek yang ada dalam sebuah hukum dan perjanjian-perjanjian di negara indonesia.

Seperti dalam moto hidup sang penulis :

Waktu adalah sesuatu yang adil.

Karena dia tidak akan memberikan sesuatu yang lebih.

Dia akan memberikan hasil yang memuaskan bagi si pekerja keras, dan sebaliknya dia akan memberikan hari tua dengan tangan hampa bagi si pemalas (Handri Raharjo).

Penulis memberi sebuah pesan, bahwa keadilan akan datang dari perjanjian yang melahirkan sebuah hukum yang ada. Buku ini menyajikan secara teoritis tentang hukum perjanjian yang terdiri dari lima bab, yaitu pengantar hukum, Hukum Perdata, Hukum Perjanjian, Perjanjian Pemberian Kuasa (Perjanjian Bernama), dan Perjanjian Waralaba/Franchise (Perjanjian Tidak Bernama).

Handri Raharjo S.H dalam buku hukum perjanjian di Indonesia mengatakan buku ini sangat baik di baca sebagai referensi bagi Dosen dan Mahasiswa, padahal kita tahu, dalam bermasyarakat bernegara yang berlandaskan atas negara hukum, pengetahuan atas hukum yang berlaku sangatlah penting. Bisa dilihat banyak sekali msyarakat kita yang kurang mendapatkan keadilan atas hukum yang ada di Negara Indonesia, dalam segi bahasa dan makna buku Hukum perjanjian di Indonesia ini cukup sulit di mengerti dan dipahami oleh masyarakat awam, khususnya kaum buruh, petani dan kaum miskin kota.

Dalam dunia akademisi buku ini jelas bisa dinalar makna dan maksud yang di sampaikan oleh penulis, dalam hal ini tidak susah bagi dosen dan mahasiswa memaknai dan menerapkan apa yang disampaikan sang penulis. Seharusnya Handri Raharjo S.H penulis buku bisa lebih menyederhanakan dalam penyampaian bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua lapisan masyarakat, agar masyarakat kita juga bisa mengkonsumsi buku ini sebagai referensi hukum dan perjanjian atas keadilan dan aturan-aturan yang ada di bangsa ini serta bisa menerapkan aturan-aturan hukum yang ada di Indonesia serta mendapatkan keadilan yang mutlak akan hukum.

Sangat bisa diakui secara akurat bahwa buku mempunyai data yang sangat lengkap dan valid dalam masalah hukum dan perjanjian hukum, dari definisi hukum, fungsi, tujuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi penegakan hukum tercantum di buku ini, bagi mahasiswa jurusan hukum buku perjanjian hukum di Indonesia sangat baik untuk referensi pembelajaran atas penegakan hukum yang ada di indonesia.

Dalam bab petama ada hal menarik yang dikutip penulis dari pendapat Koentjaraningrat, halaman 19. ” Suatu sistem nilai budaya terdiri dari konsepsi-konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar masyarakat mengenai hal-hal yang harus mereka anggap bernilai dalam hidup. Karena itu, suatu sistem nilai budaya biasanya berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi pedoman manusia. Sistem tata kelakuan manusia yang tingkatannya lebih konkret, seperti norma-norma, hukum, dan aturan-aturan khusus semuanya berpedoman kepada sistem budaya”, jelas dalam hal ini antara hukum dan budaya sangat berperan erat dalam menentukan konkretnya sebuah hukum dan keadilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: