Rutinitas Bencana Alam di Indonesia

10 Mar

Riki Choyrol Huda

Bencana alam adalah suatu kejadian alam yang tak bisa diprediksi yang menimbulkan kerusakan, kerugian, penderitaan, bahkan kematian sekalipun bagi manusia dan lingkungannya, yang disebabkan oleh aktivitas alam bahkan manusia itu sendiri. Dampak dari bencana sangat bergantung pada sumber atau jenis bencana, mulai dari banjir, gempa bumi bahkan yang bisa menghancurkan sebagian peradaban manusia. Penanggulangan untuk mencegah dan menghindari bencana adalah manajemen yang baik dan mendeteksi dini bencana seperti pengungsian. Setiap bencana baik alam maupun karena human error, meninggalkan duka, trauma, kesan, dan sejarah yang tak terlupakan, baik oleh korban dan keluarganya maupun penduduk dunia. Untuk mengingat kembali bencana-bencana terbesar yang terjadi di Indonesia, yang terus dikenang oleh masyarakat sepanjang sejarah.

Wilayah Indonesia banyak dilanda bencana di mana kurang lebih sebanyak 6.632 kali bencana selama kurun waktu 13 tahun terakhir, yang menunjukan negara ini sebagai daerah rawan bencana di dunia. Semua faktor bencana berhubungan dengan tindakan manusia. Sebuah bencana tidak akan menjadi bencana yang mematikan/merusakkan bila sebelum bencana dilakukan tindakan-tindakan pencegahan atau antisipasi kemungkinan bencana. Mungkin sebagian orang masih berpendapat bahwa bencana alam tidak dapat diprediksi, karena hanya “Tuhan” yang tahu kapan suatu bencana alam akan terjadi. Beberapa tahun belakangan, Indonesia memang sedang diguncang berbagai bencana alam hampir di seantero negeri, mulai dari tsunami, banjir, tanah longsor, gempa, gunung meletus, dan masih banyak lagi. Beragam teori diajukan untuk dijadikan penyebab lahirnya bencana tersebut, mulai dari penggundulan hutan, penyalahgunaan lahan, sampai global warming.

Sebenarnya bencana bisa dideteksi secara dini, ada sebagian bencana di Indonesia terjadi dikarenakan aktivitas manusia yang kurang merawat lingkungan alam yang ada di sekitar mereka. Sebagai contoh, banjir dan tanah longsor. saat ini di Indonesia mengalami cuaca yang kurang baik di mana curah hujan begitu tinggi, seharusnya sebagai langganan banjir dalam musim hujan masyarakat lebih peka terhadap antisipasi dini untuk menghadapi bencana banjir. Terakhir ini telah terjadi longsor di Desa Tenjolaya, Kampung Dewata, Kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Bencana alam yang terjadi di Indonesia didominasi oleh bencana banjir dan tanah longsor, karena faktor ekologi di Indonesia rentan dengan tanah longsor dan banjir yang menduduki 60% dari keseluruhan bencana di Indonesia, ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya bencana banjir dan longsor selama musim hujan yaitu faktor peranan air dan kondisi tanah yang lemah. Pada musim hujan peranan air hujan memberikan energi kepada tanah sehingga kondisi tanah berada dalam keadaan yang sangat lemah dan membuat tanah tersebut akan mudah terbawa arus air hujan yang menyebabkan longsor. Sebagian besar bencana yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh kelalaian ekologis dan buruknya pengelolaan lingkungan hidup oleh pemerintah.
Bencana banjir dan longsor nyaris menenggelamkan sebagian pulau Jawa mengawali pergantian tahun baru 2008. Bencana alam bagaikan tak kunjung henti.

Posisi geografis kepulauan Indonesia yang sangat unik menyebabkan Indonesia termasuk daerah yang rawan terhadap bencana. Sebagai sebuah fenomena kerusakan lingkungan, bencana ekologis yang terjadi sudah luas sekali. Banyak sekali daerah yang dalam sejarah tidak pernah banjir atau mengalami tanah longsor sekarang sudah terkena. Alam Indonesia sekarang sudah sangat rapuh dan sensitif terhadap iklim ekstrim. Kalau kemarau akan ada kekeringan dan kelangkaan air yang luas. Kalau musim hujan maka akan terjadi banjir dan tanah longsor. Jadi secara ekologis, alam di Indonesia sudah kehilangan keseimbangannya. Sebagai masalah ekologis, solusi satu-satunya adalah memperbaiki, meningkatkan kualitas ekologi itu sendiri. Jadi jika hanya dilakukan seperti yang sekarang yang bersifat responsif dan reaktif dan hanya menanggulangi bencana maka hal itu tidak akan pernah bisa mengatasi akar masalah.

Bencana alam adalah konsekuensi dari kombinasi aktivitas alamiah dan aktivitas manusia sendiri. Bencana alam yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini sangat sering terjadi. Seperti , letusan gunung, tanah longsor, banjir, tsunami, gempa, dan lain-lainnya. Akibat bencana alam yang terjadi itu banyak korban yang meninggal dan banyak warga yang kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya. Bencana alam itu bisa terjadi karena aktivitas manusia maksudnya adalah ulah para manusia sendiri yaitu kurangnya melestarikan alam dan menjaga alam ini. banyak manusia yang sering tidak mempedulikan alam seperti menebang pohon sembarangan, membakar hutan, membuang sampah sembarangan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kita harus mulai memperhatikan alam karena alam memiliki ketersediaan yang terbatas yang apabila tidak dilestarikan makin lama akan punah atau habis. Dan penyebab bencana alam dari aktivitas alamiah adalah berasal dari Tuhan sehingga kita tidak dapat mencegah dan menghindarinya. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus berhati-hati dengan alam khususnya yang tinggal di daerah rawan akan bencana alam. Dan harus memiliki ketahanan manusia terhadap infrastruktur untuk mendeksi, mencegah dan menangani bencana serius yang akan datang.

2 Responses to “Rutinitas Bencana Alam di Indonesia”

  1. bolehngeblog 25/06/2010 at 10:21 #

    ngeri dengan berbagai macam kejadian bencana alam di indonesia, Entah sampai kapan bencana yang terjadi secara beruntun di negeri ini bisa berakhir. Semoga Allah SWT segera mengembalikan keadaan tersebut menjadi keadaan yang lebih baik

    salam,
    Bolehngeblog

  2. maria 06/08/2010 at 15:05 #

    Bencana alam dalah sudah kehendak Tuhan tinggal bagaimana usaha kita mengurangi akibat dari bencana tsb. Ada bencana juga yang disebabkan manusia sendiri karean ketidakpeduliaannya menjaga kelestarian alam ini. Itu memang mudah dikatakan tapi sulit dilakukan….. Mari kita jaga alam mulai dari dirisendiri dan dari hal yang kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: