Kreatif Berfikir Secara Logis

18 Mar

Farah Fuadona (09321038)

 

Kreatif? Jika mendengar kata itu, pasti kita langsung berpikir sesuatu yang baru, menarik dan beda tentunya. Tidak berjalan pada porosnya, sesuatu yang membuat orang berdecak kagum. Tetapi tidak selalu seperti itu. Ketika kita merasa sesuatu yang yang sudah berjalan secara sewajarnya tidak dapat menyelesaikan masalah yang terjadi, ada sesuatu yang memberontak untuk menemukan cara penyelesain yang lain.

Berpikir kreatif itu sederhana, dimana semua yang dilakukan orang hampir selalu sama dan monoton. Kita mencoba hal baru, dengan gaya yang baru dan tentu saja hasil karya yang baru. Berpikir kreatif itu kita diajak mau berani dalam berekspresi. Tidak takut untuk mencoba yang baru. Jika hidup itu dapat dinamis mengapa harus statis.

Banyak contoh orang kreatif yang sukses, mengapa? Karena mereka mau berpikir secara berbeda. Tidak hanya terbelenggu pada satu jalan keluar saja. Karena dalam keyakinan orang kreatif itu semua hasil akhir itu bisa sama bisa beda, jalan yang ditempuh tentuya sangat berperan. Tetapi justru terkadang hasil akhir itu tak selamanya menyenangkan, yang menyenangkan dan tentunya menjadi pengalaman yang berharga, adalah proses yang bekerja.

Ketika sebuah proses itu harus dijalankan, terkadang ada saja kendala yang harus di hadapi. Tidak semua yang baik itu menjadi benar atau sebaliknya. Tetapi bukan berarti membenarkan yang salah. Manusia itu selalu berpikir bagaimana mereka dapat tetap bertahan hidup dan di terima di lingkungannya. Dalam hal ini saja kita sudah dituntut kreatif bagaimana bertahan hidup. Secara logika untuk bertahan hidup kita perlu makan, beristirahat dan lain-lain. Manusia yang mau bertahan hidup tentunya punya caranya masing-masing dan tentu saja cara yang di lakukan si A dan si B bisa saja tidak. Karena mengapa, manusia sudah di beri akal oleh Tuhan dan sudah semestinya di pergunakan. Dalam pikiran-pikiran itulah manusia sudah berpikir secara kreatif.

Orang berpikir selalu mengasah otaknya. Mencoba menemukan jalan lain, dan otaknya akan berkembang. Karena tentu saja setiap hari terus-menerus di ajak mengolah dan berpikir bagaimana dalam mencari penyelesaian permasalahannya. Setiap penyelesain masalah yang mungkin sama tidak selamanya caranya selalu sama. Semakin berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi sudah tentu permasalahan manusia akan semakin kompleks.

Saya jadi ingat pertanyaan teman saya beberapa hari lalu. Mengapa ya Amerika itu maju? Dan jawabannya saya dapatkan, ketika saya membaca sebuah akun di sosial media. Jawabannya mudah saja, karena mereka mau berpikir, hanya itu saja titik. Tentunya kita semua tahu benua Amerika adalah benua yang paling muda. Orang-orang yang baru pertama kali menginjakkan kaki di benua baru ini, tentu merasa asing dan harus berpikir bagaiamana caranya harus bertahan hidup. Dengan cara berpikir hal yang sederhana tetapi tetap berkelanjutan inilah, mengapa Amerika menjadi maju. Karena sudah dari nenek moyang mereka sudah terbiasa berpikir dan tentu saja sangat keratif. Bangsa mereka sampai saat ini masih utuh, itu hasil dari kerja keras dan cara berpikir kreatif untuk dapat bertahan hidup. Dan orang-orang disana terus-menerus berpikir sehingga bangsa mereka menjadi maju dan seolah-olah tak terkalahkan.

Setiap manusia diberi akal pikiran yang patut kita syukuri dan di pergunakan sebagaimana mestinya. Karena Tuhan menyayangi umatnya, semua manusia yang lahir ke bumi tidak memiliki apa-apa. Sepersekian detik sel-sel dalam otak kita seperti sebuah aliran listrik yang berpijar-pijar ketika kita sedang berpikir. Jadi jangan putus asa semua hal yang kita pikirkan itu adalah hasil dari cara berpikir kreatif kita. Tidak ada di dunia ini orang yang tidak kreatif itu, semua bisa kreatif. Karena kreatif itu bukan hasil dari gen tapi lebih kepada mau tidaknya kita memaksimalan otak kita untuk berpikir.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,545 other followers

%d bloggers like this: